Jalan Berliku Erni Mawar Jadi Komisioner Wakil Perempuan di KPU Wakatobi

Erni Mawar.

BAUBAU, Rubriksultra.com– Lima anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wakatobi resmi diambil sumpahnya pada 28 Juni 2023 di Jakarta. Dari lima orang komisioner KPU Wakatobi yang dilantik, salah satunya adalah sosok perempuan bernama Erni Mawar, AMd.Keb.

Wanita kelahiran Muna pada 6 Januari 1989 ini, lolos menjadi komisioner sekaligus menjadi keterwakilan perempuan di KPU Wakatobi. Perjuangan wanita yang biasa disapa Mazam ini patut menjadi contoh, sebab, lika liku menjalani proses seleksi KPU sangatlah menguras energi, pikiran dan harus rela meninggalkan keluarganya di Wakatobi, meninggalkan anak anaknya yang masih kecil.

- Advertisement -

Erni memiliki dua anak dari pernikahannya dengan Muh. Yusril, pria kelahiran Desa Koroe Onowa Kecamatan Wangi wangi. Mereka dikarunia 1 putra dan 1 putri sejak menikah tahun 2012.

Sosok Erni mawar yang bertransformasi meniti karir pertama sebagai tenaga kesehatan (honorer) di rumah sakit umum daerah kabupaten Wakatobi, sambil berwirausaha. Pada tahun 2022, Erni lulus seleksi menjadi tenaga pendamping profesional sebagai pendamping lokal desa. Terkini terpilih sebagai anggota komisioner KPU Kabupaten Wakatobi.

Selama dua periode sebelumny, di kabupaten Wakatobi belum pernah ada komisioner KPU keterwakilan perempuan dan saat ini Erni mawar tampil menjadi representasi keterwakilan perempuan di Komisioner KPU Wakatobi. Dia menduduki jabatan sebagai kordinator divisi sosialisasi pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan Sumber daya manusia. Tentu itu juga masih berkaitan dengan kerja kerja sebagai tenaga pendamping profesional yang fokus pada peningkatan pengetahuan dan pemberdayaan masyarakat.

“Insya Allah kedepan partisipasi pemilih perempuan di kabupaten Wakatobi bisa meningkat dan muaranya dapat memberikan warna demokrasi yang berkualitas, terutama peningkatan pengetahuan kaum perempuan berpartisipasi dalam pemilu. Mari menjaga Marwah demokrasi agar pemilu berjalan damai Jujur adil dan berkualitas demi kepentingan kehidupan berbangsa dan bernegara khususnya di kabupaten Wakatobi,” ajaknya.(adm)

Baca Juga :  KPU Wakatobi Bina Pemilu Pemula
Facebook Comments