Merawat Pesona Teluk Lande yang Berdaya Saing

Pesona Teluk Lande terletak di Desa Gerak Makmur, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan. (FOTO ISTIMEWA)
Pesona Teluk Lande terletak di Desa Gerak Makmur, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan. (FOTO ISTIMEWA)

BATAUGA, Rubriksultra.com – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) berperan sebagai salah satu motor penggerak pengembangan pariwisata di desa. Tugas itu disadari betul Pokdarwis Pesona Teluk Lande.

Sebagai pelaku wisata di Desa Gerak Makmur, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan, Pokdarwis berkontribusi signifikat dalam mengkampayekan sadar wisata dan implementasi sapta pesona pada masyarakat.

- Advertisement -

Membangun kerja sama dengan pemerintah desa dalam pengembangan kepariwisataan, serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelolah bidang usaha pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan implementasi dari program kerja yang direalisasikan.

“Desa Gerak Makmur dengan posisinya berada di teluk, dianugerahi keindahan panoramanya yang cukup indah sehingga dapat menarik wisatawan yang berkunjung,” ungkap Ketua Pokdarwis Pesona Gerak Makmur, Diran Ruma Rubun.

Untuk menarik wisatawan Pokdarwis Pesona Teluk Lande juga menggandeng penggiat UMKM, diantaranya pelaku usaha kedai kopi yang berada dipuncak Cahaya Windu.

Wisatan juga dapat menikmati beberapa produk unggulan Kopi Lahaga Khas Lapandewa, Kerupuk Bawang LW serta mengunjungi rumah produksi kelapa goreng DZ Khas Lande.

Di rumah produksi ini wisatawan dapat diajarkan bagaimana proses pembuatan kelapa goreng DZ Khas Lande dari awal hingga akhir dan mengunjungi perkebunan kelapa yang berada dekat dengan pesisir pantai.

Secara geografis Desa Gerak Makmur merupakan daerah yang berada di pesisir pantai
serta memiliki daratan yang cukup luas. Sebagian besar masyarakat Desa Gerak Makmur berprofesi sebagai nelayan dan petani.

Hal itu, berdampak pada kesejahteraan masyarakat yang mana hasil tangkapan ikan nelayan dijadikan salah satu produk olahan abon ikan dan hasil tanaman petani bawang diolah menjadi produk bawang goreng.

Dengan potensi yang dimiliki Desa Gerak Makmur, Pokdarwis berkomitmen mewujudkan pariwisata Pesona Teluk Lande yang berdaya saing, dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat Desa Gerak makmur.

Baca Juga :  Musrenbang RKPD 2024, Sultra Fokus Tingkatkan Kualitas SDM

Untuk itu, Pokdarwis Pesona Teluk Lande berkomitmen memberikan pelayanan profesional kepada wisatawan dan mengembangkan industri wisata demi terciptanya lapangan kerja dan kesejahteraan masyarakat.

“Semua itu diwujudkan dengan menjaga adat, budaya dan nilai kearifan lokal sebagai paket utama dalam kegiatan kepariwasaataan dan mengkampanyekan Sapta Pesona serta menggali potensi Desa Gerak Makmur dalam mendukung pariwisata,” paparnya. (adm)

Facebook Comments