Kolaborasi Pokdarwis Burangasi, Wujudkan Kemandirian Ekonomi

Ketgam : Pantai Lakadao yang terletak di Burangasi, Kecamatan Lapandewa, Kabupaten Buton Selatan. (FOTO ISTIMEWA)

BATAUGA, Rubriksultra.com – Kabupaten Buton Selatan tidak hanya tentang wisata budaya dan adat istiadatnya yang kuat. Pengunjung dapat menikmati wisata bahari dengan pemandangan laut yang indah, suasana tenang, dan berbagai aktivitas menyenangkan dengan berkunjung di Desa Burangasi, Kecamatan Lapandewa.

Burangasi dianugerahi dengan kekayaan alam yang eksotik salah satunya adalah Pantai Lakadao. Pantai tersebut memiliki tebing yang menjulang tinggi, hamparan pasir yang putih dan terumbu karang yang masih terjaga keasliannya.

- Advertisement -

Daya tarik Pantai Lakadao juga terlihat pada keberadaan tebing yang menjulang tinggi sekitar 80 meter dan lebar 50 meter, menjadikan Pantai Lakadao sangat menarik untuk wisata panjat tebing.

Pesona Lakadao merupakan salah satu yang terbaik di Sulawesi Tenggara. Pada tahun 2022, Pantai Lakadao memperoleh penghargaan sebagai peringkat pertama lomba promosi desa wisata nusantara yang diselenggarakan Kementerian Desa.

“Wisata Pantai Lakadao dikelolah oleh Bumdes Cahaya Wangkaboro, Pokdarwis membantu mempromosikan wisata dan memandu para wisatawan baik domestik dan manca negara yang berkunjung di Pantai Lakadao,” tambahnya.

Untuk menuju lokas wisata Lakadao, saat ini jalur darat sudah ada tetapi masih tahap pematangan lahan. Sehingga untuk mencapai pantai tersebut pengunjung hanya melalui jalur laut menggunakan perahu ketinting dengan tarif Rp 500 ribu atau menggunakan speed boat yang disediakan oleh desa dengan tarif Rp 1.500.000.

Mewujudkan pengembangan dan pembangunan pariwisata di Burangasi, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Burangasi telah menggagas sejumlah program kerja. Diantaranya menggelar pelaksanaan festival budaya Burangasi, pentas seni, dan pergelaran atraksi budaya lainnya.

Membangun kemitraan yang bermuara terwujudnya kamandirian pelaku usaha dan UMKM di Burangasi menjadi komitmen pemuda dan pemudi yang tergabung dalam kelompok penggerak sadar wisata itu.

Baca Juga :  Pemkab Buteng Sukses Kendalikan Inflasi

“Kita juga mendorong kolaborasi dan kemitraan termasuk merekomendasikan Pantai Lakadao mengikuti Australian Awards 2022 sebagai salah satu bagian dari kerjasama Indonesia-Australia,” ungkap Ketua Pokdarwis Burangasi, Sahidin.

Sebagai salah satu penggerak perekonomian desa, Pokdarwis Burangasi berkontribusi signifikan mewujudkan pembangunan pariwisata di Kabupaten Buton Selatan. Pokdarwis Burangi berkolaborasi membantu mempromosikan wisata dan memandu para wisatawan baik domestik maupun manca negara yang berkunjung.

Pokdarwis Burangasi mengisiasi ide-ide atraksi agar pengembangan pariwisata di Desa Burangasi tidak berjalan monoton. Inilah, salah satu alasan yang menjadikan Pokdarwis Burangasi terpilih sebagai lima finalis penerima Anugerah Pokdarwis Awards Buton Selatan tahun 2023. (adm)

Facebook Comments