Waburi Park, Menikmati Keindahan Alam yang Memukau

Ketgam : Waburi Park yang terletak di Desa Gaya Baru dikaruniai pesona alam yang mengagumkan. (Foto istimewa)
Ketgam : Waburi Park yang terletak di Desa Gaya Baru dikaruniai pesona alam yang mengagumkan. (Foto istimewa)

BATAUGA, Rubriksultra.com – Desa Gaya Baru, sebuah permata tersembunyi di Kecamatan Lapandewa, Kabupaten Buton Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara, telah mencuri perhatian para wisatawan dengan keindahan alamnya yang memukau dan kekayaan budayanya yang lestari.

Terletak sekitar 54 kilometer dari ibu kota Kabupaten dengan waktu tempuh sekitar 100 menit melalui jalur darat, serta 62 kilometer dari Kota Baubau dengan waktu tempuh sekitar 2 jam, Desa Gaya Baru menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

- Advertisement -

Desa Gaya Baru dikaruniai pesona alam yang mengagumkan, termasuk gunung, tebing, tanjung, pantai, dan keindahan laut yang siap untuk dieksplorasi.

Selain itu, kekayaan budaya dan sejarahnya yang lestari termasuk situs Cerug (Liawaburi) yang menyimpan peninggalan sejarah berupa tumpukan tulang belulang manusia, gambar daun, dan stempel telapak tangan yang masih terjaga keasliannya.

“Untuk mengembangkan potensi desa tanpa menghilangkan kearifan lokal dan suasana desanya, Pemerintah Desa Gaya Baru dengan penuh semangat menciptakan objek wisata buatan yang dikenal sebagai Waburi Park,” ujar Ketua Pokdarwis Kamba Waburi, Faradila,

Nama “Waburi Park” diambil dari tumbuhan endemik Desa Gaya Baru, Kamba Waburi (Bunga Waburi), yang memiliki keunikan dalam bentuk 7 warna bunga dalam satu pohon secara alami tanpa campur tangan manusia.

Prestasi gemilang Desa Gaya Baru tak luput dari perhatian. Berkat upaya keras Pemerintah Desa dan partisipasi aktif masyarakat, serta dukungan dari Pemerintah Kabupaten Buton Selatan, Desa Gaya Baru diresmikan sebagai Desa Wisata melalui surat keputusan Bupati Buton Selatan Nomor 464 tahun 2021.

Pada tanggal 4 Desember 2022, Desa Gaya Baru meraih piagam penghargaan sebagai penyelenggara pengembangan wisata terbaik pada lomba Desa Tematik “Tata Kelola Pemerintahan” di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Baca Juga :  Buka Rakerwil Kemenag Sultra, Ali Mazi Serukan Jaga Kerukunan Umat

Tidak berhenti di situ, pada Februari tahun 2023, Desa Gaya Baru juga mengikuti lomba Anugerah Desa Wisata (ADWI) yang diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia.

Dalam kompetisi tersebut, Desa Wisata Gaya Baru berhasil masuk dalam peringkat 300 besar di seluruh Indonesia, menegaskan eksistensinya sebagai destinasi wisata yang menjanjikan. Salah satu daya tarik utama Desa Gaya Baru adalah Waburi Park.

Sejak diresmikan pada tanggal 9 Oktober hingga Desember 2022, Waburi Park berhasil menghasilkan pendapatan sebesar Rp 68 juta dari biaya akomodasi kebersihan sebesar 5.000 rupiah per orang. Kemudian, pada Januari hingga Mei 2023, Waburi Park berhasil menarik 17 ribu pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan alamnya.

Selain menikmati keindahan alam, para wisatawan yang berkunjung ke Desa Gaya Baru juga dapat merasakan sensasi hidup di pedesaan dengan mencoba berbagai paket wisata yang telah disediakan oleh Pokdarwis Kamba Waburi.

Aktivitas menarik seperti menyulu dan menangkap ikan dengan menggunakan berbagai jenis alat tangkap tradisional juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Bagi para wisatawan yang ingin menikmati pengalaman lebih autentik, tersedia fasilitas home stay yang telah disiapkan dengan baik. Pokdarwis Kamba Waburi, juga menawarkan buah tangan berupa ikan asin yang merupakan produk unggulan Desa Gaya Baru bagi para wisatawan yang kembali pulang.

Selain keindahan alamnya, Desa Gaya Baru juga menyimpan kekayaan budaya dengan berbagai jenis kesenian seperti Tari Pangibi, Tari Badenda, Pencak Silat, dan Mangaru. Kesenian-kesenian ini merupakan warisan budaya leluhur yang tetap terjaga dan dilestarikan hingga saat ini.

Untuk menjaga dan melestarikan kearifan lokal budaya, Pokdarwis Kamba Waburi secara aktif menyelenggarakan kegiatan pentas seni yang melibatkan seluruh masyarakat Desa Gaya Baru dari berbagai kalangan usia.

Baca Juga :  Buka MTQ Sultra, Gubernur Serukan Persatuan Umat

Dengan segala potensi alam tropis dan keunikan budayanya, Desa Gaya Baru telah berhasil menarik perhatian para wisatawan. Keindahan alam yang memukau, keramahan masyarakat, dan keragaman budayanya menjadikan Desa Gaya Baru sebagai destinasi wisata yang menarik dan menawarkan ketenangan bagi para pengunjung.

Wisatawan yang datang akan dibawa pada petualangan tak terlupakan yang siap memanjakan mata dan hati. Semua pencapaian ini tak lepas dari peran aktif Pemerintah Desa Gaya Baru, masyarakat, dan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Buton Selatan. (*)

Facebook Comments