Dewan Soroti Belum Ada Pisah Sambut Wali Kota Baubau

La Ode Yasin

BAUBAU, Rubriksultra.com – Sudah seminggu masa jabatan Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse berakhir. Selanjutnya posisi orang nomor satu di Kota Baubau diisi Pj. Wali Kota yang dijabat oleh Muhammad Rasman Manafi.

Lazimnya, setiap pergantian kepala daerah dilakukan pisah sambut antara kepala daerah sebelumnya dengan pejabat baru. Sayangnya, sampai saat ini Pemkot Baubau belum juga menggelar seremoni pisah sambut.

- Advertisement -

“Ini sudah satu minggu sejak masa jabatan wali kota berakhir ditandai dengan pelantikan Pj. Wali Kota oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto. Tapi saya lihat kondisi pemerintah sepertinya dingin-dingin saja dan tidak ada acara pisah sambut kepala daerah,” ungkap Legislator Hanura, La Ode Yasin Mazadu disela rapat paripurna bersama Pemkot Baubau dengan agenda pembukaan masa sidang pertama, Senin 2 Oktober 2023.

La Ode Yasin menyayangkan sikap pemerintah yang terlihat tidak ada tanda-tanda menggelar kegiatan pisah sambut kepada kepala daerah sebelumnya dengan kepala daerah yang baru.

Yasin mencontohkan, sekalipun ditingkat kelurahan, ketika ada lurah yang purna bhakti dan akan digantikan oleh lurah yang baru, biasanya akan menggelar seremoni sebagai bentuk penghormatan dan kekeluargaan.

“Saya mengikuti setiap pergantian jabatan kepala daerah biasanya ada pisah sambut. Jadi tolong masukan buat pemerintah agar diagendakan pisah sambut kepada kepala daerah. Jangan tertunda terlalu lama, mohon yang mewakili pemerintah yang hadir dalam rapat ini agar disampaikan masukan ini untuk menggelar pisah sambut,” ungkap Yasin.

Ditemui usai rapat, Asisten II Setda Kota Baubau, Asmahani menjelaskan Pemkot Baubau sebenarnya sudah mengagendakan seremoni pisah sambut antara kepala daerah sebelumnya dengan Pj. Wali Kota Baubau.

Rencana jadwal pisah sambut akan dilaksanakan pekan ini.

Baca Juga :  Dua Kapal Tujuan Wakatobi Batal Berlayar

“Agendanya memang ada, hanya waktunya saja yang sedikit molor mengingat kita sesuaikan dengan jadwal Pj. Wali Kota yang juga harus kembali ke Jakarta setelah dilantik,” ungkapnya ditemui disela rapat di DPRD Baubau.

Menurut Asmahani, Pj. Wali Kota Baubau masih harus bolak-balik ke Jakarta karena ada beberapa tugas yang juga harus diselesaikan di Jakarta. Namun, agenda untuk pisah sambut sudah dijadwalkan.

“Insya Allah pekan ini, kemungkinan hari Sabtu,” tutupnya. (adm)

Facebook Comments