Rasman Beberkan Tiga Filosofi Peringatan HUT Baubau

Pj Wali Kota Baubau Dr Muh. Rasman Manafi saat berpidato pada rapat paripurna dalam rangka Hari Jadi Baubau ke-482 dan HUT Kota Baubau ke-22 sebagai Daerah Otonom di Gedung DPRD Baubau, Senin 16 Oktober 2023.
Pj Wali Kota Baubau Dr Muh. Rasman Manafi saat berpidato pada rapat paripurna dalam rangka Hari Jadi Baubau ke-482 dan HUT Kota Baubau ke-22 sebagai Daerah Otonom di Gedung DPRD Baubau, Senin 16 Oktober 2023.

BAUBAU, Rubriksultra.com – Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi menghadiri rapat paripurna DPRD Kota Baubau dalam rangka Hari Jadi Baubau ke-482 dan HUT Kota Baubau ke-22 sebagai Daerah Otonom di Gedung DPRD Baubau, Senin 16 Oktober 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Wali Kota Rasman Manafi menuturkan, kolaborasi semua pihak akan mampu merangkai gagasan dan menerjemahkannya menjadi kinerja, membangun irama kebersamaan, melakukan adaptasi dan revitalisasi birokrasi serta meramu strategi mengatasi kapasitas fiskal yang minimalis.

- Advertisement -

Karenanya melalui hari jadi Kota Baubau yang ke 482 ini, Rasman meminta dukungan dan kemitraan dari seluruh unsur pemerintahan legislatif dan yudikatif serta seluruh komponen masyarakat Kota Baubau yang sejahtera.

Rasman menyadari, keberhasilan membangun daerah tidak hanya berasal dari keberhasilan pelaksanaan program pembangunan semata. Tetapi sesungguhnya bagaimana dapat menyatukan dan menggerakkan seluruh potensi masyarakat sebagai anak bangsa untuk menjadi energi besar yang dapat mengatasi kekurangan, keterbatasan bahkan ancaman sekalipun.

Tak lupa, orang nomor satu di Kota Baubau ini berterima kasih kepada seluruh penggagas Kota Baubau, para kepala daerah terdahulu, Dr H MZ Amirul Tamim, Almarhum Dr H AS Tamrin, dan La Ode Ahmad Monianse kemudian lembaga-lembaga terkait, kepada jajaran Pemkot Baubau, TNI/Polri, serta seluruh komponen masyarakat yang turut mengawal pemerintahan daerah otonom Baubau hingga sampai di usia kedua puluh dua tahun.

Menurut Pj Wali Kota Baubau Rasman Manafi, memperingati hari ulang tahun secara filosofis memiliki tiga makna. Pertama bermakna retrospektif dengan peringatan hari ulang tahun berupaya untuk menengok masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah dan sebuah masa lalu adalah pondasi yang sangat bernilai sebagai referensi, menapaki masa kini dan masa depan.

Baca Juga :  Hari Bhakti Imigrasi, Mendiang AS Tamrin Dianugerahi Tokoh Terbaik

Kedua introspeksi artinya peringatan hari ulang tahun dijadikan sebagai sarana mawas diri atau introspeksi diri, dengan demikian setiap etape perjalanan kehidupan ini selalu bermakna karena mampu memberikan jawaban atas persoalan kekinian serta responsif dengan tantangan kedepan.

Makna ketiga yakni prospektif yang artinya melalui perayaan hari ulang tahun berupaya mendesain atau merancang sebuah formula masa depan berlandaskan realita dan dinamika kekinian tanpa melupakan nilai dan peristiwa bersejarah di masa lalu.

Ketiga nilai tersebut berusaha di internalisasi dalam penyelenggaraan Haroana Baubau tahun 2023, agar event ini tidak sekadar menjadi ajang rutin tanpa pelajaran untuk dipetik demi kebaikan bersama.

“Peringatan HUT Kota Baubau atau lebih dikenal dengan Haroana Baubau yang di tahun ini mengusung tema taposaasaangu te tapakadhei te taporiaroaka. Tema ini diharapkan dapat menjadi pendorong bagi seluruh komponen pemerintah dan masyarakat Kota Baubau untuk berkolaborasi, dengan akselerasi, demi kemajuan Kota Baubau,” tandasnya. (adm)

Facebook Comments