Dua Ahli Waris di Wakatobi Terima Santunan BPJS Ketenagakerjaan

WAKATOBI, Rubriksultra.com – Bupati Wakatobi, H. Haliana, SE menyerahkan santunan kematian secara simbolis kepada dua ahli waris pekerja rentan yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Penyerahan santunan berlangsung Kamis, 26 Oktober 2023 di Pesanggarahan Taman Budaya Wakatobi yang disaksikan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Baubau, Bobby Harun.

Haliana menjelaskan Pemkab Wakatobi telah memberikan perlindungan kepada 6.069 pekerja rentan dan 2.844 pegawai non aparatur sipil negara (ASN). Komitmen ini akan terus dijaga untuk memastikan pekerja rentan yang ada di Wakatobi dapat terlindungi baik dari dalam ataupun dari luar.

- Advertisement -

“Kalau sakit yang dari dalam adalah BPJS Kesehatan, sedangkan untuk resiko dari luar berupa kecelakaan kerja atau kematian maka BPJS Ketenagakerjaan kami hadirkan di tengah-tengah pekerja yang ada di Wakatobi,” ungkapnya.

Dikatakan Pemkab Wakatobi akan terus menambah jumlah pekerja rentan yang terlindungi dalam program BPJS Ketenagakerjaan. Nantinya, pemerintah juga akan menyiapkan perlindungan bagi pekerja syara yang ada di Wakatobi.

Haliana menghimbau perangkat desa, anggota BPD serta pekerja rentan diberikan jaminan ketenagakerjaan melalui dana desa. “Bisa segera terlaksana dan segera disusun perbupnya. Sehingga perlindungan bagi masyarakat pekerja di Wakatobi akan semakin meluas dan manfaatnya akan dirasakan masyarakat,” tambahnya.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Baubau, Bobby Harun menjelaskan, peserta yang mendapat jaminan ketenagakerjaan akan diberikan santunan sebesar Rp 42 juta kepada ahli waris.

“Kalau mengalami kecelakaan kerja maka akan diberikan pengobatan sampai sembuh. Seperti hari ini yang disimboliskan merupakan pekerja rentan yang didaftarkan oleh pemda dan mengalami resiko meninggal dunia pada bulan agustus kemarin. Untuk santunan Rp 42 juta juga sudah kami salurkan kepada ahli waris dari almarhum,” paparnya.

Baca Juga :  Wakatobi Tuan Rumah Gala Desa 2018

Bobby Harun memberikan apresiasi kepada Pemkab Wakatobi yang memiliki komitmen besar dalam rangka menyejahterakan masyarakat pekerja yang ada di Wakatobi.

Di tempat yang sama, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kendari, Muhamad Abudrohman Sholih juga memberikan apresiasi kepada Pemkab Wakatobi yang memberikan jaminan kesejahteraan kepada tenaga kerja dalam menghadapi segala resiko kerja yang terjadi. (adm)

Facebook Comments