Rasman Yakin Baubau Punya Generasi Muda Mumpuni

Dr. Rasman Manafi
Dr. Rasman Manafi

BAUBAU, Rubriksultra.com – Peringatan sumpah pemuda yang dilaksanakan setiap tahun merupakan momentum yang harus digelorakan. Kredibilitas para pemuda telah ditunjukan sejak 95 tahun lalu.

Hal itu diungkapkan Penjabat (Pj) Wali Kota Baubau, Dr. Rasman Manafi saat memimpin upacara peringatan hari sumpah pemuda di pelataran halaman Kantor Wali Kota Baubau, Sabtu 23 Oktober 2023.

- Advertisement -

Rasman mengaku momentum peringatan sumpah pemuda mengingatkannya 20 tahun yang lalu saat menjadi Wakil Ketua KNPI di Kendari kemudian menjadi pengurus KNPI Pusat. Selain berkumpul, dalam peringatan hari sumpah pemuda juga menciptakan terobosan-terobosan baru.

“Di level nasional kita bisa melihat banyak intreprener muda, bahkan banyak ilmuan-ilmuan muda yang berkiprah di level internasional dan saya juga yakin bahwa Kota Baubau memiliki potensi-potensi generasi muda yang sangat mumpuni,” ungkapnya.

Dikatakan pemerintah telah membuka ruang partisipasi pemuda seiring dengan rencana mewujudkan Indonesia yang sejahtera pada 2045 yang menjadi visi mencapai Indonesia emas.

Kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemuda pemudi mendapat tempat yang terhormat dalam pembangunan nasional.

“Saya juga bisa melihat beberapa kementerian lembaga telah ditempati oleh generasi-generasi muda bahkan ide-idenya banyak diadopsi bahkan bukan hanya di level kebijakan nasional tapi juga di wilayah regional Asia Pasifik yang cukup kuat bahkan dunia,” tambahnya.

Rasman menilai setiap pemuda yang memiliki visi dan misi strategis untuk menginovasi ide-idenya dengan teknologi informasi akan dapat melakukan gerak lari yang cukup cepat.

Saat ini, lanjut Rasman, Informasi sudah sangat terbuka, inovasi sudah cukup banyak tinggal implementasi untuk memastikan itu berjalan.

Rasman menambahkan momen hari sumpah pemuda harus dicanangkan kebulatan tekat semua jajaran untuk bersinergi dengan organisasi kepemudaan, komunitas dan elemen lainnya.

Baca Juga :  Libur Lebaran, WNA Tetap Diawasi

Kolaborasi itu sejalan dengan UU No 40 tahun 2009 tentang kepemudaan dan juga sesuai dengan Perpres 43 tahun 2022 tentang koordinasi lintas sektor penyelenggara pelayanan kepemudaan. “Kolaborasi ini yang selalu saya sebut berkerja bersama,” kata Rasman.

Di akhir sambutannya, Rasman mengajak agar momentum peringatan hari sumpah pemuda yang ke-95 tahun membangkitkan dan menjadikan kolaborasi dalam memajukan negeri. (adm)

Facebook Comments