Berkunjung di Buton Tengah, Pj. Gubernur Sultra Disajikan Pesta Rakyat

Pj. Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto disajikan pesta rakyat saat berkunjung di Kabupaten Buton Tengah.
Pj. Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto disajikan pesta rakyat saat berkunjung di Kabupaten Buton Tengah.

LABUNGKARI, Rubriksultra.com – Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto mengawali kunjungan kerjanya ke Buton Tengah dengan menikmati Pesta Rakyat Kamamose dan Gala Dinner bersama Pemerintah Kabupaten Buton Tengah, bertempat di Halaman Rujab Bupati Buton Tengah. Kamis (18/04/24).

Dalam acara tersebut, Pj. Gubernur didampingi oleh Pj. Bupati Buton Tengah, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Buton Tengah, Forkopimda Tingkat II dan Jajaran Perangkat Daerah Pemprov Sultra.

- Advertisement -

Sebagai informasi, Kamomose adalah tradisi kesenian rakyat yang berasal dari daerah Lakudo, Buton Tengah. Kamomose merupakan tradisi kesenian rakyat, dimana remaja putri yang telah selesai dipingit berkumpul untuk dipilih oleh remaja pria sebagai kekasih. Tradisi rakyat Kamokose berawal dari kebiasaan zaman dahulu remaja putri biasanya tidak dapat berkeliaran keluar rumah atau dipingit.

Pada kunjungan kerjanya kali ini, Pj. Gubernur diagendakan untuk meresmikan Kantor Bupati Buton Tengah, mencanangkan Mal Pelayanan Publik (MPP), menyalurkan beasiswa pendidikan, bantuan kepada kelompok petani, salurkan bantuan rumah ibadah, serta menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Kantor Camat Lakudo.

Dalam amanatnya, Pj. Gubernur menginstruksikan Jajarannya untuk menjadikan potensi kebudayaan ini menjadi kekuatan ekonomi yang berdampak positif kepada masyarakat.

“Kita harus belajar dari industri budaya Korea, sebagai contoh kita mengenal Drakor (Drama Korea), Oppa Omma makanan Toppoki, Bulgogi, Kimchi dibandingkan Ama Ina, Kalambe, atau makanan seperti Kasoami, Parende, dan Kambewe khas Buton Tengah,” ucap Andap.

“Kita maksimalkan segala potensi sumber daya yang ada untuk menjadi kekuatan ekonomi yang berdampak positif bagi masyarakat,” tambahnya.

Menutup sambutanya, Pj. Gubernur mengungkapkan rasa bangganya terhadap tradisi asli daerah yang terus dilestarikan. (ADV)

Facebook Comments
Baca Juga :  Respon Dampak El Nino, Sembilan Daerah di Sultra Status Tanggap Darurat Kekeringan