Pembangunan Rujab Bupati Buteng, Cikal Bakal Labungkari Sebagai Kota Tepian Air

Ketgam : Pj. Bupati Buton Tengah, Andy Muhammad Yusuf memimpin prosesi peletakan batu pertama pembangunan Rujab Bupati Buton Tengah, Selasa 21 Mei 2024.
Ketgam : Pj. Bupati Buton Tengah, Andy Muhammad Yusuf memimpin prosesi peletakan batu pertama pembangunan Rujab Bupati Buton Tengah, Selasa 21 Mei 2024.

LABUNGKARI, Rubriksultra.com – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah resmi memulai pembangunan Rumah Jabatan (Rujab) Bupati dengan peletakan batu pertama yang dilaksanakan, Selasa 21 Mei 2024.

Pj. Bupati Buton Tengah, Andy Muhammad Yusuf memimpin langsung acara tersebut dihadiri sejumlah pejabat daerah dan tokoh masyarakat. Proyek pembangunan rumah jabatan berdiri di lahan hibah masyarakat yang berlokasi di Gonggoma, Kecamatan Lakudo.

- Advertisement -

Pj Bupati Buton Tengah, Andi Muhammad Yusuf, merasa terharu dengan antusiasme ratusan masyarakat yang turut menghadiri dan ikut menyaksikan prosesi peletakan batu pertama pembangunan rumah jabatan bupati.

“Saya menyaksikan antusias masyarakat dan berkesimpulan bahwa masyarakat Buton Tengah khususnya di Kecamatan Lakudo memberikan support yang luar biasa dalam pembangunan rujab bupati ini,” ungkapnya.

Andy Muhammad Yusuf
Andy Muhammad Yusuf

Dikatakan pembangunan rumah jabatan rencananya akan rampung akhir tahun nanti. Sekda dan Kadis PUTR diminta untuk intens mengamati perkembangan pembangunan yang nantinya bakal menjadi aset daerah itu.

Kedepan, lanjut Andy Muhammad Yusuf, bukan hanya rujab Bupati Buton Tengah saja yang akan dibangun di lokasi tersebut. Pemkab Buton Tengah juga akan membangun rumah jabatan pimpinan DPRD Kabupaten Buteng.

“Yakin dan percaya bapak ibu, hari ini rujab bupatinya dulu yang kita canangkan, berikutnya rumah jabatan ketua DPRD juga akan dibangun disini,” bebernya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Buton Tengah Muh Said, mengatakan pembangunan rujab Bupati Buteng dialokasikan anggaran sebesar Rp 3,5 miliyar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Buteng tahun anggaran 2024.

Pembangunan rujab sudah dicanangkan Pj. Bupati Buton Tengah dengan harapan pembangunannya kantor dan rujab menjadi momentum pengembangan wilayah khususnya untuk Labungkari sebagai ibu kota.

Pembangunan rujab akan berdiri dengan luasan lahan sebesar 40 x 50 meter persegi. Tahap pertama akan dibangun rujab dan selanjutnya akan dibangun pengembangan kawasannya.

Baca Juga :  Pemkab Buteng Salurkan Bantuan JPS Rp 1 Miliar

“Arsitektur pembangunannya kontemporer bernuansa tradisional Buton, sederhana tapi objeknya ada ditepian air, sehingga menjadi cikal bakal Labungkari sebagai kota tepian air,” tutupnya (***)

Gubernur Apresiasi Pembangunan di Buteng

Pj. Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto menyampaikan apresiasi kepada Pj Bupati Buton Tengah, Andi Muhammad Yusuf beserta seluruh jajaran, atas kerja kerasnya dalam menyelesaikan pembangunan Kantor Bupati Buton Tengah.

Pembangunan Kantor Bupati Buton Tengah menjadi penting karena sejak pembentukan Kabupaten Buton Tengah pada 23 Juli 2014, Pemerintah Kabupaten Buton Tengah menggunakan Kantor Kecamatan Lakudo sebagai Kantor Bupati Buton Tengah.

“Saya apresiasi dan ucapkan terima kasih atas dedikasi Bupati Buton Tengah dan jajaran yang telah bahu membahu sehingga Kantor Bupati ini dapat diresmikan,” ujar Pj. Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto saat berkunjung di Buteng sekaligus melakukan peresmian kantor bupati Buton beberapa waktu lalu.

Andap berpesan untuk menjaga marwah Kantor ini, dengan menumbuhkan rasa memiliki dengan bekerja dengan baik dan bertanggung jawab, menjaga keamanan kantor, inventarisir barang milik negara ke dalam Simak BMN, tingkatkan pelayanan prima dan penuhi fasilitas kebutuhan saudara – saudara kita yang disabilitas.

“Layani masyarakat dengan baik, jangan ada penyimpangan, miliki rasa memiliki, perpanjang usia pakai Kantor Bupati ini dengan menjaganya dengan baik,” ucapnya.

Sebagai penutup sambutannya, Pj Gubernur berharap Kantor Bupati Buton Tengah menjadi tempat yang nyaman bagi seluruh Pegawai Pemerintah Kabupaten Buton Tengah.

“Semoga dengan adanya kantor yang baru ini, seluruh Pegawai dapat bekerja semakin cepat dan produktif sehingga pada akhirnya masyarakat dapat dilayani dengan semaksimal mungkin,”kata Andap.

Pada peresmian Kantor Bupati Buton Tengah, Pj. Gubernur juga menyalurkan bantuan kepada masyarakat Buteng antara lain beasiswa kepada 200 orang siswa, bantuan pembangunan bagi 10 tempat ibadah dan juga bantuan bagi kelompok tani.

Baca Juga :  Asrun Lio Buka Sultra Job Fair 2022, Ada 1.828 Lowongan Kerja

Selain itu, pada alokasi APBD tahun anggaran 2024 ini terdapat rencana kegiatan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Provinsi Sultra di Kabupaten Buton Tengah, yakni rehabilitasi jalan BTS Kabupaten Buton Tengah-Pelabuhan Wamengkoli, Pembangunan talud pengaman Pantai Desa Napa dan Wakambangura, Kabupaten Buton Tengah. (adv)

Facebook Comments