Tim Kementerian Hadiri FGD di Baubau

BAUBAU, Rubriksultra.com – Wilayah Kota Baubau direncanakan bukan hanya untuk mengirim bahan baku tetapi mulai berpikir untuk mengolah bahan baku. Tentunya, untuk melaksanakan pengolahan tersebut memiliki standar produksi sehingga diharapkan Kemenko Marves bisa melakukan telaah.

Hal itu diungkapkan Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si saat pertemuan dengan perwakilan Kementerian Pariwisata, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Kemenko Marves, Kementerian Kelautan, Kementerian Parhubungan KSOP Makassar, Badan Karantina Ikan bersama warga di Kampung Palabusa, beberapa waktu lalu.

- Advertisement -

Menurut Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, kedatangan tamu dari kementerian yang mengikuti FGD diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik sebab akan lebih banyak mendengarkan masukan, saran atau keluhan dari masyarakat.

Pihaknya, mengundang tamu dari Kementerian untuk melihat wilayah Baubau. Karena kalau dilihat dengan dijelaskan itu berbeda. Sebab bila melihat langsung apalagi kalau ada warga yang ingin menyampaikan keluhan atau masukan maka punya gambaran untuk perencanaan wilayah Baubau.

“Setelah ketemu dalam Forum Group Discussion (FGD) perlu ada pertemuan pembahasan atau tindakan selajutnya di pusat sehingga dari Kemenko Marves bisa membantu sekaligus mengkomunikasikannya,” ungkapnya.

Ditambahkan, Baubau dalam perencanaan ke depan tidak bisa terlalu mengandalkan sumber daya lautnya. Jika di bandingkan Buton, Buton Tengah, Buton Selatan, Wakatobi untuk jumlah ikannya pasti lebih besar.

Meski begitu, pengiriman seluruh potensi tersebut pasti masuk lewat Baubau. Oleh sebab itu, slogan menjadikan Baubau sebagai Hub maritim di wilayah Timur Indonesia merupakan semangat dalam membangun Baubau sebagai wilayah penghubung timur ke barat, kepulauan dan daratan agar Baubau bisa punya peran.

”Memang mungkin rencana ini bukan dari saya saja, saya yakin sudah banyak sebelumnya. Tapi yang dibutuhkan sekarang adalah dokumen perencanaan untuk wilayah kita, kalau tidak terdokumentasikan bagaimana bisa kita perbuat,” ujarnya.

Baca Juga :  Tes SKB di Baubau Hampir Dipindahkan ke Kendari

Disisi lain, kita harus sampaikan cerita-cerita ini sampai ke pusat. Nah ini yang kita harapkan apa yang kita laksanakan tiga hari kemarin itu bisa kita bisa sepakati untuk bisa bekerja bersama membangun Baubau. (adm)

Facebook Comments