Tiket Pesawat Menuju Embarkasi Ditanggung Pemkab Buteng

LABUNGKARI, Rubriksultra.com – Penjabat (Pj) Bupati Buton Tengah, Kostantinus Bukide, secara resmi melepas pemberangkatan calon jemaah haji musim tahun 2024 asal Kabupaten Buton Tengah.

Acara pelepasan yang penuh haru dan khidmat dihadiri keluarga dan kerabat calon jemaah haji serta pejabat daerah di Masjid Agung Nurul Huda K.H. Abd. Syukur GU, Kecamatan Lakudo, Senin 3 Juni 2024.

- Advertisement -

Dalam sambutannya, Pj Bupati menyampaikan harapannya agar para jemaah dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar dan kembali ke tanah air dengan selamat serta membawa keberkahan bagi masyarakat Buton Tengah.

“Ibadah haji adalah perjalanan rohani dan fisik seorang muslim. Fisik seseorang sangat rentan dengan berbagai masalah, sehingga butuh persiapan. Untuk itu ketahanan fisik dan mental mutlak sangat dibutuhkan, apalagi iklim tanah suci jauh berbeda dengan Kabupaten Buton Tengah,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Buteng itu, mengucapkan terima kasih kepada pihak Kementrian Agama Kabupaten Buton Tengah yang telah menuangkan ilmunya untuk menuntun perjalanan jamaah calon haji Kabupaten Buton Tengah selama berada di tanah suci.

Melalui bimbingan manasik, para jamaah telah mengetahui gambaran awal tentang ibadah haji dan tanah suci.

“Saya yakin, apabila selama pembimbingan manasik diikuti dengan baik, maka jamaah akan dapat melaksanakan seluruh rangkaian haji dengan benar dan mandiri,” tambahnya.

Sebagai bentuk dukungan, Pemkab Buton Tengah memberikan bantuan berupa biaya tiket pesawat para jamaah dari Kota Baubau menuju emberkasi Makassar, mulai dari pemberangkatan hingga kepulangannya nanti.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Buteng, Dr Abdul Rahman Jaya, mengatakan jumlah jamaah haji Kabupaten Buton Tengah Musim Haji Tahun 1445 H/2024 M sebanyak 31 orang yang terdiri dari hamaah pria sebanyak 16 orang dan perempuan sebanyak 15 orang

Baca Juga :  PKK Buteng Bagi Sembako ke 500 Lansia

Katagori usia jamaah haji tertua atas nama Rafina Usia 84 Tahun asal Kecamatan Talaga Raya sementara untuk jamaah termuda atas nama Abdul Kadir Usia 27 Tahun asal Kecamatan Mawasangka.

“Pemberangkatan Insya Allah Gelombang II menuju Jeddah Arab Saudi yang tergabung dalam kloter UPG 35 yang berjumlah 450 orang jamaah dari Kota Makassar,” terangnya.

Jamaah haji Kabupaten Buton Tengah telah mendapat pembinaan manasik haji dari Kantor Kemenag sebanyak 10 kali, dengan rincian di tingkat kecamatan sebanyak 7 kali, di tingkat kabupaten sebanyak 3 kali.

Untuk pelayanan kesehatan, jamaah haji Kabupaten Buton Tengah yang akan berangkat telah diperiksa kesehatannya serta telah menjalani suntik meningitis dan influenza.

“Alhamdulillah pagi hari ini semua jamaah haji dalam kondisi sehat walafiat untuk dapat diberangkatkan ke Embarkasi Makassar,” tutupnya (adm)

Facebook Comments