Survei Poltracking Indonesia, La Andy Unggul Elektabilitas dan Simulasi Pilkada Buteng

LABUNGKARI, Rubriksultra.com – Poltracking Indonesia merilis Laporan Survei Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Buton Tengah, dalam persepsi dan prilaku pemilih periode 1-6 Mei 2024.

Hasilnya menunjukkan La Andy memperoleh tingkat elektabilitas tertinggi di antara bakal calon bupati lainnya. Keunggulan ini mengukuhkan posisinya sebagai kandidat kuat untuk Pilkada Buton Tengah mendatang.

- Advertisement -

Ketua Badan Saksi Nasional Daerah DPD II Partai Golongan Karya Buteng Tengah Zauna Amin memastikan salah satu lembaga survei yang merilis hasil Survei bakal calon Bupati Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) Poltracking Indonesia dapat terpercaya.

Survei ini dirilis sebagai bentuk informasi bahwa DPP Partai Golkar telah melakukan survei Calon Bupati di Buton Tengah melalui lembaga survei resmi poltracking Indonesia

“Saya sudah memprediksinya bahwa pak La Andi mendapatkan hasil survei yang sempurna, memang perjalanan politik beliau secara masif tidak bisa terbantahkan di tengah-tengah masyarakat sangat-sangat populer,” ungkap Zauna Amin.

Zauna menjelaskan saat ini La Andi sudah mendapatkan surat tugas dari DPP Partai Golkar. Menurut Zauna Amin, La Andy sudah menunjukan kualitasnya sebagai figur yang layak untuk diusung.

“Itulah kelebihan pak La Andi hari ini dan semoga di survei-survei berikutnya pak La Andi bisa meningkat dan bisa mempertahankan survei yang ada,” tambahnya.

Dikatakan hasil survei itu tidak bisa terbantahkan, kader Golkar di Buteng tidak ada campur tangan dalam hal itu. Secara spesifik Poltracking Indonesia mensurvei persepsi dan perilaku pemilih menuju Pilkada serentak tahun 2024 periode 1 sampai 6 Mei

Dalam simulasi semi terbuka Calon Bupati Buton Tengah yang dilakukan oleh Poltracking Indonesia, menempatkan La Andi menempati posisi top chart dengan perolehan suara 34,8%, disusul Samahuddin 25,7%, Azhari 23,4%,.

Baca Juga :  Bupati Buteng Tinjau Posko Perbatasan

Muh. Saleh Ganiru berada diposisi 1,3%, Bobi Ertanto 1,3%, Adam 1,3%, Suharman Landele 1,0%, Tasman 0,5%, Saadia 0,5%, Amaluddin 0,5%, Abdul Rasyid Syawal 0,5%, Sumardin 0,3%, Subhan 0,3%, Ramli 0,0%, Ishak Bagea 0,0%, Lainnya 1,3%, dan tidak menjawab 7,3%.

Selain unggul elektabilitas, dari hasil simulasi 10 nama Calon Bupati Buton Tengah, juga menempatkan La Andi di posisi top chart dengan perolehan suara 35%, disusul Samahuddin 26,2%, Azhari 24,2%.

Muh. Saleh Ganiru 1,3%, Bobi Ertanto 1,3%, Adam 1,3%, Suharman Landele 1,0%, Tasman 0,6%, Abdul Rasyid Syawal 0,5%, Ramli 0,0%, tidak tahu atau tidak jawab 8,6 %.

Sedangkan hasil simulasi tiga nama Calon Bupati Buton Tengah, La Andi pun menempati posisi yang sama sebagai top chart dengan perolehan suara mengungguli kedua calon lainnya yakni Samahuddin dan Azhari dengan rincian La Andi 39,2% suara, Samahuddin 29,1% suara, Azhari 27,0%, dan tidak menjawab 4,7%. (adm)

Facebook Comments