Jelang Pilkada 2024, PWI Baubau Imbau Jurnalis Jaga Netralitas dan Profesionalisme Pers

Ketgam ; Ketua PWI Baubau, La Ode Aswarlin (Kiri)
Ketgam ; Ketua PWI Baubau, La Ode Aswarlin (Kiri)

BAUBAU, Rubriksultra.com – Menjelang Pilkada Serentak 2024 yang akan digelar di berbagai daerah di Jazirah Kepulauan Buton, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Baubau mengeluarkan imbauan kepada seluruh jurnalis dan media massa untuk menjaga netralitas, profesionalisme, serta integritas pers dalam menjalankan fungsi pengawasan dan penyebaran informasi terkait pelaksanaan pemilihan kepala daerah.

Ketua PWI Baubau, La Ode Aswarlin menjelaskan peran pers tidak hanya sekadar menyampaikan informasi kepada publik, tetapi juga berfungsi sebagai pengawas terhadap proses demokrasi agar berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip keadilan dan keterbukaan.

- Advertisement -

“Pers memiliki peran krusial dalam menjaga kualitas demokrasi melalui pemberitaan yang objektif dan berimbang,” ujarnya, Senin 19 Agustus 2024.

La Ode Aswarlin juga mengingatkan rekan jurnalistik untuk menjaga netralitas, tanpa memihak kepada salah satu calon atau partai politik tertentu.

Pers diharapkan memberikan ruang yang adil kepada semua calon kepala daerah untuk menyampaikan visi dan misi mereka. Pemberitaan yang tidak berimbang dapat menimbulkan bias di tengah masyarakat dan mengurangi kepercayaan publik terhadap media.

Di tengah maraknya berita palsu dan hoaks, jurnalis dituntut untuk melakukan verifikasi yang ketat terhadap setiap informasi yang diperoleh sebelum dipublikasikan.

PWI mengingatkan bahwa penyebaran berita bohong tidak hanya merugikan kredibilitas pers, tetapi juga dapat mengganggu stabilitas sosial dan politik.

“Setiap jurnalis harus selalu berpedoman pada kode etik jurnalistik dalam menjalankan tugasnya, termasuk dalam meliput kegiatan Pilkada,” tambahnya.

PWI Baubau juga menekankan kepada seluruh rekan jurnalistik untuk mengambil peran dalam menjaga situasi Kamtibmas dalam menghadapi pelaksanaan Pilkada serentak 2024.

Kita semua berharap Pilkada serentak 2024 dapat berjalan dengan damai, demokratis, dan adil, serta menghasilkan pemimpin-pemimpin yang benar-benar dipilih berdasarkan kehendak rakyat. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  RT/RW di Baubau Rangkap Penagih Retribusi Persampahan