Arusani Kukuhkan Pokdarwis Lagunci

195
Bupati Arusani saat mengkukuhkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Lagunci Desa Bahari III, Kecamatan Sampolawa, Minggu 26 Juli 2020. (Foto Syahrir)

BATAUGA, Rubriksultra.com- Bupati Buton Selatan (Busel), H. La Ode Arusani resmi mengukuhkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Lagunci di Desa Bahari III, Kecamatan Sampolawa, Minggu 26 Juli 2020.

Atas terbentuknya Pokdarwis ini, La Ode Arusani mengaku sangat terbantu. Menurutnya, pengembangan pariwisata Busel tidak serta merta hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah saja.

-Advertisement-

Melainkan butuh dukungan seluruh elemen masyarakat khususnya para pemuda kreatif dan inovatif serta memiliki niat mengembangkan dan melestarikan potensi pariwisata dan kearifan lokal.

“Percepatan pengembangan pariwisata saat ini di tangan pemuda. Alhamdulillah, pemuda kita mulai bangkit untuk membangun Busel secara bersama-sama melalui pariwisata. Saya merasa bangga, tanpa ada anggaran tiba-tiba kita diundang untuk kita SK-kan,” katanya.

Pokdarwis Lagunci ini beranggotakan 49 orang. Diharapkan menjadi pilot project atau sebagai percontohan untuk desa-desa lainnya di Buton Selatan.

Olehnya, orang nomor satu di Busel ini meminta Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Busel agar segera mengajak seluruh pemuda yang ada di 70 desa dan kelurahan untuk membentuk Pokdarwis. Ia menilai di tangan pemudalah, Buton Selatan akan maju sama dengan daerah-daerah lain.

“Para kelompok pemuda kreatif ini sebagai mitra pemerintah dalam meningkatkan kesadaran masyarakat di bidang pariwisata serta mengembangkan kepariwisataan untuk Buton Selatan berdaya saing,” tandasnya.

Perlu diketahui, pada pengukuhan Pokdarwis Lagunci itu turut hadir Tim Penggerak PKK Busel, Hj. Wa Ode Ruhania, Ketua DPRD Busel, La Ode Armada, Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia Sultra Bapak Baso Rani Muchtar, Dinas Pariwisata Sultra Bidang Pengembangan Pariwisata, Ali Ahmadi. (adm)

Penulis : Syahrir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Pemkab Busel Gandeng Unhas dan UHO Revisi KLHS