Pedagang di Bukit Wantiro Baubau Bakal Dibantu 20 Unit Gerobak

H. Yakub

BAUBAU, Rubriksultra.com- Pelaku UMKM khususnya di Bukit Wantiro akan dibantu 20 unit gerobak. Bantuan ini bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) tahap I.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Baubau, H. Yakub menjelaskan, bantuan ini sudah mendapat persetujuan dari pemerintah pusat terkait pengelolaan DID. Selain gerobak, pedagang di Wantiro juga dibantu 20 unit tenda ukuran 3×3 meter.

- Advertisement -

“Barangnya sementara dalam proses pengadaan,” kata H. Yakub di kantornya, Senin 7 September 2020.

Kata dia, gerobak dan tenda tersebut akan didesain khusus memiliki ciri khas daerah. Tujuannya untuk menciptakan suasana keberagaman dan sebagai daya tarik bagi pengunjung.

“Intinya kita mencoba membangkitkan kembali UKM usai terkena dampak pandemi Covid-19,” katanya.

Bagi penjual yang belum kebagian, H. Yakub mengaku sementara diusulkan untuk dianggarkan dalam DID tahap II.

Selain gerobak untuk pedangan di Bukit Wantiro, pihaknya juga membantu UKM di bidang lainnya seperti alat barbershop, mikser, etalase, dan lainnya sesuai kebutuhan.

Termasuk lima macam mesin kemasan lengkap yang akan dioperasikan di Dinas Koperasi dan UKM Baubau untuk membantu UKM mengemas produknya tanpa jauh-jauh lagi memesan kemasan dari luar Baubau.

“Sedangkan untuk koperasi, kita berikan reward bagi mereka yang rutin laporkan RAT-nya, karena itu penilaian kami sebagai Koperasi sehat. Jadi kita usul untuk diberikan bantuan berupa satu set komputer dan printer dan sudah direalisasi DID tahap pertama,” pungkasnya.

Sementara pada porsi DID tahap kedua, pihaknya mengusul alat dan bahan yang sama. Hanya saja jumlah dan penerima berbeda untuk UKM dan koperasi di Baubau.

Penulis: Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Wakil Wali Kota Baubau Puji Kemajuan PDAM Wakatobi