25 Cabor Porprov 2022 Bakal Dihelat di Baubau

973
Kepala Bidang Keolahragaan Dispora Baubau, Maaruji

BAUBAU, Rubriksultra.com- Sebanyak 25 dari 43 Cabang Olahraga (Cabor) ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) ke-XIV tahun 2022 akan dihelat di Kota Baubau. Sisanya akan diselenggarakan di Kabupaten Buton sebagai tuan rumah bersama.

Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Baubau, Maaruji merinci ke 25 cabor tersebut, diantaranya sepak bola, biliard, catur, bridge, muaythai, tinju, tenis meja, panahan, menembak, renang, dayung, panjat tebing, tenis lapangan, atletik, kempo, silat, wushu, karate, tarung derajat, balap motor, selam, balap sepeda, sepatu roda, dan angkat berat.

- Advertisement -

Venue atau arena yang disiapkan untuk 25 cabor itu antara lain stadion Betoambari, lapangan lembah hijau, metro entertainment, hotel Zenith, hotel Rajawali, gedung Pancasila, gedung Maedani, lapangan tembak Kompi 725, sirkuit Palabusa, teluk Baubau, dan Kotamara.

“Kita usulkan 25 cabor yang berpotensi dilaksanakan di Baubau beberapa bulan lalu. Waktu itu, almarhumah ibu Agista selaku Ketua KONI Sultra sepakat dan menandatangani usulan itu,” kata Maaruji, di ruang kerjanya, Selasa 24 Agustus 2021.

Saat ini, pihaknya sementara menyiapkan dan merenovasi beberapa venue yang bakal digunakan untuk gelaran 25 cabor sebelum tim khusus KONI Sultra datang menilai kesiapannya.

“Makanya kita kejar pekerjaan dan kita target siap pakai pada 2022 mendatang, karena kemungkinan tidak lama lagi tim sudah turun melihat,” katanya.

Kata dia, laporan kesiapan menjadi tuan rumah 25 Cabor itu akan menjadi dasar usulan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2022. Bila berjalan mulus, maka Kota Baubau berpotensi menjadi tuan rumah lebih dari setengah cabor yang dipertandingkan.

“Porprov Sultra terakhir dilaksanakan di Baubau itu tahun 1983, tapi waktu itu masih Kabupaten Buton. Jadi, Porprov kali ini merupakan pertama kalinya Kota Baubau menjadi tuan rumah,” pungkasnya. (adm)

Baca Juga :  133 CPNS Lulus di Baubau, Baru 31 yang Kantongi NIP

Laporan : Ady

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry