68 PKBM Bantu Warga Putus Sekolah di Bombana

44
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bombana, Andi Muh. Arsyad.

RUMBIA, Rubriksultra.com- Sebanyak 68 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) membantu masyarakat putus sekolah di Kabupaten Bombana. Khususnya untuk mendapatkan ijazah melalui ujian kesetaraan mulai program Paket A (Setara SD), B (Setara SLTP), dan C (Setara SMA).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bombana, Andi Muh. Arsyad mengatakan, PKBM adalah sebagai wadah berbagai kegiatan belajar masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan. Dengan adanya PKBM ini diharapkan agar masyarakat dapat memperoleh pendidikan yang layak.

“Selain itu, berbekal keterampilan, sertifikat, atau ijazah dari kegiatan yang difasilitasi oleh PKBM, warga dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau mendapatkan pekerjaan yang lebih baik,” katanya.

Kata diam data jumlah PKBM di Kabupaten Bombana dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Pada 2018 sebanyak 14, tahun 2019 sebanyak 18, pada 2020 dan 2021 tercatat sebanyak 68 PKBM.

Selain itu, data jumlah penduduk yang mengikuti ujian persamaan paket A, B, C dari tahun ke tahun juga mengalami peningkatan signifikan. Pada 2018 sebanyak 97 orang, tahun 2019 sebanyak 433 orang, tahun 2020 sebanyak 1.104 orang, sedangkan tahun 2021 sebanyak 5.169 orang. (Adm)

Laporan : Agus Saputra

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Bupati Bombana Lantik Sembilan Pejabat Eselon II dan III