Ippmaslo Sultra Dukung Oputa yi Koo Jadi Pahlawan Nasional

Ketua Umum Ippmaslo Sultra, Jufri Joke.

BAUBAU, Rubriksultra.com- Wacana tentang dukungan kepada Sultan Himayatuddin (Oputa yi Koo) untuk menjadi pahlawan nasional saban hari kian menguat. Bahkan sudah tak sedikit kalangan yang mengangkat suara tanda dukungan.

Seperti dukungan yang datang dari kaum muda intelektual yang tergabung di Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Lolibu (Ippmaslo) Sulawesi Tenggara (Sultra). Adalah Jufri Joke selaku Ketua Umum Ippmaslo Sultra secara gamblang memberikan dukungan penuh atas wacana itu.

- Advertisement -

Dalam pernyataannya, Jufri Joke menilai Sultan Himayatuddin atau Oputa yi Koo layak dinobatkan sebagai pahlawan nasional di negeri ini. Kiprahnya dalam melakukan perlawanan tanpa kompromi terhadap penjajah kolonial Belanda menjadi dasar kuat agar Sultan Himayatuddin dinobatkan menjadi pahlawan nasional.

Dikatakan, pada masanya, Sultan Himayatuddin menjadi penghalang utama kaum penjajah Belanda untuk melakukan penjajahan di jazirah bagian tenggara pulau Sulawesi ini. Apalagi wilayah Kesultanan Buton yang kala itu dinilai cukup strategis sebagai pusat mobilisasi arus kekayaan alam dan arus manusia dari wilayah barat, tengah dan timur Indonesia.

“Sebab itulah, penjajah Belanda memiliki keinginan kuat untuk menguasai wilayah ini. Peran Sultan Himayatuddin cukup besar dalam melakukan perlawanan terhadap Belanda sehingga niatan kaum penjajah terpatahkan kala itu,” jelas Jufri Joke kepada Rubriksultra.com, Jum’at 24 Mei 2019.

Jufri Joke menambahkan, bila menengok sejarah masa lampau maka semua pihak bisa menyimpulkan betapa gigih perjuangan Oputa yi Koo. Ia dengan sangat jelas melakukan perlawanan terhadap Belanda yang pada saat itu melakukan penjajahan di tanah pertiwi Indonesia.

“Sebab itulah, kami dari Ippmaslo Sultra sangat mengapresiasi perjuangan Oputa yi Koo. Kami juga meminta kepada seluruh stakeholder terkait khususnya seluruh pemda di jazirah Kepulauan Buton dan pemda di Sultra umumnya untuk mendukung penuh agar Sultan Himayatudin didaulat sebagai pahlawan nasional,” pintanya.

Baca Juga :  Buka Musyda IMM, Gubernur Sultra: Jangan Gontok-gontokan

Apalagi semangat juang dan perlawanan mengusir penjajah oleh Sultan Himayatuddin hingga saat ini masih menjadi spirit kaum muda di Sultra. Pantaslah bila kebesaran Sultan Himayatuddin atau Oputa yi Koo dapat menjawab tantangan zaman di era saat ini demi keutuhan NKRI. (adm)

 

Penulis : Sukri Arianto

Facebook Comments