Dokter Puskesmas di Wakatobi Diminta Menetap Ditempat Tugas

Kepala Dinas Kesehatan Wakatobi, Muliadin

WAKATOBI, Rubriksultra.com- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wakatobi menempatkan dokter umum disetiap kecamatan. Diharapkan penanganan pasien cepat teratasi.

Kepala Dinkes Wakatobi, Muliadin mengatakan, terdapat 12 orang dokter umum yang akan disebar di delapan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas ditiap kecamatan.

- Advertisement -

“Puskesmas di Wakatobi sebenarnya ada 20 unit. Namun dokter ini hanya kita tempatkan di delapan UPTD puskesmas ditiap kecamatan saja. Saat ini, UPTD Puskesmas Tomia sementara kosong namun kita akan geser satu dokter dari Tomia Timur,” kata Muliadin, di Wangi-Wangi, Rabu 26 Juni 2019.

Dokter yang ditempatkan di UPTD ini hampir seluruhnya berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN). Olehnya, diharapkan para dokter ini bisa menetap ditempat tugas.

“Jadi dokter kita ini, 10 diantaranya adalah ASN sedang dua lainnya adalah dokter nusantara sehat program pemerintah pusat yang ditempatkan di Puskesmas di Wakatobi. Dokter Nusantara sehat ini sebenarnya ada empat orang tapi yang duanya ditempatkan diluar UPTD,” ujar Muliadin.

Terkait dokter ahli, Muliadin menjelaskan, tetap akan mengunjungi setiap UPTD. Meskipun dokter ahli diprioritaskan di RSUD Wakatobi.

“Dokter ahli kita jadwalkan dalam tiga bulan sebisanya dua kali keliling disetiap UPTD yang ada,” jelasnya.

Muliadin menambahkan, saat ini setiap puskesmas sedang intens melaksanakan program Indonesia sehat atau Gerakan Masyarakat untuk Hidup Sehat (Germas) dengan pola pendekatan keluarga.

“Germas ini sudah berjalan di puskesmas. Kegiatan prioritas ada tiga yakni kegiatan fisik berupa olah raga, makan buah dan sayuran dan masyarakat diajak lakukan pemeriksaan kesehatan rutin. Jadi kita melibatkan seluruh komponen masyarakat melalui sosialisasi,” bebernya. (adm)

Penulis: Kurniawati

Facebook Comments
Baca Juga :  KPU Wakatobi Bina Pemilu Pemula