Lembaga Tripartit Diharap Mampu Selesaikan Masalah Ketenagakerjaan di Baubau

BAUBAU, Rubriksultra.com- Pemerintah Kota Baubau membangun hubungan harmonis melalui lembaga Tripartit. Hubungan itu dimaksudkan agar lembaga ini menjadi wadah untuk menyelesaikan segala permasalahan ketenagakerjaan di Kota Baubau.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau, Dr Roni Muhtar mengatakan, lembaga tripartit ini terdiri dari tiga unsur. Pemerintah, pengusaha dan pekerja.

- Advertisement -

Kata dia, pemerintah hadir sebagai fasilitator. Fasilitator dalam rangka memenuhi kepentingan pengusaha dan pekerja.

“Artinya melalui lembaga tripartit ini maka segala masalah yang akan datang terkait ketenagakerjaan di Baubau bisa tertangani. Tidak ada lagi keluhan para pekerja baik terkait gaji, suasana kerja, hingga pelayanan kerja kepada perusahaan,” kata Dr Roni Muhtar usai membuka rapat pelaksanaan lembaga kerjasama Tripartit di kantor Wali Kota Baubau, Rabu 17 Juli 2019.

Jenderal ASN Kota Baubau ini menjelaskan, saat ini pemerintah daerah tengah berupaya untuk membangun Balai Latihan Kerja (BLK). Upaya ini untuk meningkatkan kapasitas pekerja agar memenuhi kualifikasi yang diinginkan pengusaha.

Ia berharap besar dengan terbangunnya hubungan harmonis lembaga tripartit ini membawa perubahan dalam dunia kerja di Baubau. Bila terdapat keluhan maka sebisa mungkin dapat diselesaikan dengan baik.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Baubau, Zarta menambahkan tujuan dibentuknya tripartit ini untuk memudahkan pengawasan pemerintah dilapangan. Segala permasalahan terkait ketenagakerjaan wajib dilaporkan.

“Jadi lembaga ini akan menangani segala keluhan dalam dunia kerja. Misalnya tuntutan para pekerja terkait upah, pelayanan hingga pengembangan usaha,” katanya. (adm)

Penulis: Sukri Arianto

Facebook Comments
Baca Juga :  Kemenag Baubau Lulus Penilaian Pendahuluan Calon Pilot Project WBK 2022