Paripurna HUT ke-5 Buteng, Samahuddin Paparkan Keberhasilan Pembangunan

Suasana sidang paripurna istimewa dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Buton Tengah yang ke-5, Senin 22 Juli 2019. (FOTO SUKRI)

LABUNGKARI, Rubriksultra.com- Bupati Buton Tengah (Buteng), H. Samahuddin memaparkan sejumlah keberhasilan pembangunan. Keberhasilan itu dibeberkannya dalam sidang paripurna menyambut HUT ke-5 Buteng di kantor DPRD Buteng, Senin 22 Juli 2019.

Dihadapan dewan, Bupati Buteng, Samahuddin menjelaskan sektor pembangunan utama yang sudah berhasil dihadirkan seperti pembukaan akses jalan antar wilayah, peletakkan fondasi sarana prasarana perkantoran, pembenahan sistem pemerintahan, sarana dan prasarana sosial kemasyarakatan, dan pelayanan publik.

- Advertisement -

“Kami pemerintahan SamaTau (Samahuddin-La Ntau) bertekad menghadirkan pembangunan yang dapat dirasakan seluruh kalangan. Pembangunan yang merata dan mensejahterakan serta pembangunan yang menyatukan,” kata H. Samahuddin.

Sejalan dengan peringatan HUT ke-5 Buteng yang mengangkat tema sinergi menuju Buton Tengah yang berkah, lanjut Samahuddin, diharapkan menjadi pesan moril dan ajakan kepada semua elemen untuk menjalin kebersamaan, bahu-membahu untuk membangun Buteng.

Dalam hal pemerintahan dan tata kelolah anggaran yang lebih baik, Pemkab Buton Tengah juga telah menerapkan beberapa strategi seperti pemantapan reformasi birokrasi, e-planing, e-budgeting dan e-government.

Setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga ditekankan agar dapat berinovasi. Hal itu penting, mengingat Pemkab Buteng akan menyiapkan laboratotium inovasi hasil kerjasama Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI.

Dalam dua tahun terakhir, lanjut Samahuddin, Pemkab Buton Tengah juga telah berhasil mendapatkan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pengelolaan keuangan tahun anggaran 2017 dan 2018.

“Yang membanggakan, oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), hasil audit Pemkab Buteng dinyatakan mendapat skor tertinggi,” ungkapnya.

Sebagai kado ulang tahun Buton Tengah, beberapa hari lalu MAN Buteng kedatangan tamu dari kementerian dalam rangka sekolah sehat. Ini tanda bahwa sekolah di Buteng bisa bersaing dengan sekolah lain pada level nasional. Ditambah juga Buteng menjadi juara pada lomba kelurahan tingkat Provinsi Sultra baru-baru ini.

Baca Juga :  Dishub Buteng Imbau Sopir AKDP Tertib Aturan

“Menjadi harapan kita bersama hasil refleksi HUT ke-5 Buteng saat ini menjadi semangat pembenahan dengan tetap menjaga suasana yang kondusif di daerah. Sebab kita dapat melaksanakan tahapan pembangunan sengan baik apabila dalan suasana yang aman, tenteram dan damai,” katanya. (adm)

 

 

Peliput : Sukri Arianto

Facebook Comments