KPU Wakatobi Serahkan Hadiah Lomba Swafoto di TPS, Juara Satu Dapat Kulkas

Sekretaris KPU Kabupaten Wakatobi, La Ode Nursalam saat menyerahkan hadiah juara 3 lomba foto selfie di TPS, Senin 29 Juli 2019. (FOTO KURNIAWATI)

WAKATOBI, Rubriksultra.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wakatobi menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba Swafoto (Selfie) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat Pemilu serentak 17 April 2019 lalu. Juara pertama berhak membawa pulang satu unit kulkas.

Ketua KPU Kabupaten Wakatobi, Abdul Rajab mengatakan, kegiatan tersebut didasari Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum. Lalu Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2018 tentang sosialisasi, pendidikan pemilih dan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu.

- Advertisement -

“Peserta diharuskan melakukan foto selfie disekitar TPS. Lalu mengupload di media sosial (Facebook) masing-masing dan menandai akun resmi Facebook KPU Wakatobi. Dengan mengikutsertakan caption berupa ajakan, edukasi serta tidak mengandung unsur sara,” kata Abdul Rajab, di Wangi-Wangi, Senin 29 Juli 2019.

Sekretaris KPU Kabupaten Wakatobi, La Ode Nursalam menambahkan dalam kegiatan itu dilibatkan beberapa unsur. Seperti dewan juri untuk menilai kelayakan foto setiap peserta.

“Jadi sesuai mekanisme, kami mengambil dewan juri untuk menilai foto selfie itu. Ada perwakilan Dinas Pariwisata Wakatobi, perwakilan komunitas fotografer dan wartawan. Dewan juri memiliki otoritas dalam melakukan penilaian tanpa ada intervensi,” ungkap Nursalam.

Menurut Nursalam, dari 12 peserta yang mengikuti lomba. Seluruh peserta berhak mendapat hadiah meskipun nominalnya berbeda-beda.

“Hadiahnya dalam bentuk barang. Juara 1 Kulkas, juara 2 TV LCD 24 inc, juara 3 Microwave, juara 4 dispenser, juara 5 dan juara 6 rice coker, juara 7, 8 , 9 kipas angin, dan juara 10, 11 dan 12 setrika,” rinci Nursalam.

Salah seorang peserta lomba, Sarinah Anna yang meraih juara 3 mengaku senang dengan kegiatan itu. Selain memberikan edukasi dan ajakan kepada masyarakat, hadiah yang Ia peroleh membuat orang tuanya ikut bahagia.

“Saya juara 3 dapat microwave. Mamaku senang karena meskipun sebelumnya sudah memiliki microwave, namun dengan tambahan satu unit hadiah ini bisa membantunya membuat kue-kue untuk jualan,” tutup Sarinah Anna dengan wajah senyum bahagia. (adm)

Baca Juga :  BI dan Bank Sultra Perluas Peredaraan Uang di Wakatobi

Penulis: Kurniawati

Facebook Comments