Selangkah Lagi, Sultan Himayatuddin Jadi Pahlawan Nasional ke-180

Kasubdit Penghargaan dan Tunjangan Keluarga Pahlawan Perintis Kemerdekaan Kementerian Sosial RI, Afni saat ditemui di kantor Wali Kota Baubau, Selasa 30 Juli 2019.

BAUBAU, Rubriksultra.com- Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi atau Oputa Yi Koo atau La Karambau selangkah lagi akan dinobatkan menjadi pahlawan nasional ke-180. Perjuangan Oputa Yi Koo menjadi pahlawan nasional tinggal diusulkan menuju meja Presiden RI, Joko Widodo.

“Khusus Sultan Himayatuddin satu tahap lagi,” kata Afni selaku Kasubdit Penghargaan dan Tunjangan Keluarga Pahlawan Perintis Kemerdekaan Kementerian Sosial RI di kantor Wali Kota Baubau, Selasa 30 Juli 2019.

- Advertisement -

Kata dia, usulan seorang tokoh menjadi pahlawan nasional butuh waktu yang panjang. Terdapat tiga tahap yang harus dilalui dalam prosesnya.

Afni merinci tahap pertama adalah pengajuan usulan. Khusus Sultan Himayatuddin sudah diusulkan sebanyak tiga kali.

“Pada 2011 lalu ditunda karena masih ada berkas yang belum lengkap. Nah, pada 2012 alhamdulillah lolos,” katanya.

Lalu tahap seleksi administrasi di Kementerian Sosial. Berkas ini terdiri dari 17 item diantaranya usulan dari gubernur, sosial masyarakat, makam, nama jalan, urutan silsilah yang jelas dan seterusnya.

“Saat ini, tim verifikasi dari Kementerian Sosial RI tengah melakukan validasi lapangan untuk mengecek lokasi makam, benteng pertahanan saat melawan penjajah, nama jalan yang akan disematkan dan beberapa hal lainnya,” katanya.

Setelah verifikasi lengkap maka usulan akan disampaikan oleh Kementerian Sosial ke Presiden RI melalui Dewan Gelar. Dewan Gelar ini terdiri dari sejarahwan, akademisi dan pemerintah terkait dalam hal ini Kementerian Pertahanan RI.

“Rencananya akan diajukan ke Presiden pada September awal. Tinggal tahap ini,” katanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau, Dr Roni Muhtar sangat bersyukur dan berterima kasih atas usaha dan kerja sama tim daerah baik tingkat kota maupun tingkat provinsi. Terkhusus tim dari Kementerian Sosial RI yang telah mengawal perjuangan masyarakat Buton khususnya dan Sultra pada umumnya.

Baca Juga :  Dirut PDAM Baubau Diberhentikan Sementara

“Ini harapan besar kami masyarakat Sultra. Akan sangat membanggakan dan kita akan memperoleh impact yang luar biasa bila Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi atau Oputa Yi Koo ditetapkan menjadi pahlawan nasional ke-180 nantinya,” katanya. (adm)

Penulis : Sukri Arianto

Facebook Comments