Investor Jepang Lirik Rumput Laut Buton

PASARWAJO, Rubriksultra.com- Investor asal Jepang melirik rumput laut yang dibudidayakan masyarakat Kecamatan Kapontori Kabupaten Buton. Hal itu diungkap Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Buton Sudirman.

Menurut Sudirman, rencana investor membeli rumput laut itu sudah dibahas saat pertemuan di Jakarta belum lama ini.

- Advertisement -

“Alhamdulillah investor itu tertarik dengan rumput laut dari Selat Buton termasuk dengan rumput laut yang dibudidayakan petani di Kapontori,” kata Sudirman melalui sambungan telepon, Selasa 23 Januari 2018.

Rencananya, lanjut Sudirman, investor itu akan menindaklanjuti hasil pertemuan di Jakarta dengan berkunjung langsung ke Buton. Bahkan investor itu akan membawa langsung teknisinya untuk memastikan budidaya rumput laut sesuai dengan teknologi yang mereka gunakan atau sebaliknya.

“Jika nanti menurut mereka cocok, maka akan dilakukan kerjasama,” ujarnya.

Jika nanti kerjasama itu terlaksana, maka investor asal Jepang itu nanti akan membeli rumput laut dalam bentuk basah mencapai 50 ton perhari.

Besarnya permintaan itu, kata Sudirman, tidak akan disanggupi oleh para petani rumput laut di Kapontori. Namun semua itu bisa dilakukan jika budidaya rumput laut dikembangkan di seluruh Selat Buton.

Sudirman menambahkan, jumlah petani rumput laut di Kapontori saat ini mencapai ratusan orang. Hasil rumput laut mereka dijual kering ke penampung yang ada di Kota Baubau, Makassar hingga Surabaya.(***)

 

 

 

Sumber: Inilahsultra

Facebook Comments
Baca Juga :  Tsunami Palu, Kodim 1413 Buton Bangun Posko Penggalangan Bantuan