Tunjangan Kinerja ASN Kendari Naik

KENDARI, Rubriksultra.com- Untuk memberikan motivasi dan meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN), Pemerintah Kota Kendari menaikan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD). Dengan porsi anggaran yang disiapkan sebesar Rp 11 miliar.

Kenaikan TKD ini telah diperkuat dengan Peraturan Wali Kota (Perwali) Kendari dengan Nomor 1 Tahun 2009 tentang Tunjangan Kinerja Daerah.

- Advertisement -

Kepada Badan Pengelolah Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Kendari Susanti mengatakan, kenaikan TKD itu diperuntukan bagi seluruh ASN lingkup Pemkot Kendari, baik itu di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), camat maupun lurah.

Dijelaskannya, sebelumnya TKD yang diterima tingkat SKPD Rp 3.500.000, dan tahun ini dinaikan sebesar Rp 1.700.000 jadi total TKD yang diterima SKPD Rp 5.200.000. Sedangkan TKD untuk Camat dan Lurah sebelumnya Rp 1.500.000 dinaikan menjadi Rp 3.000.000.

“Untuk Pegawai lingkup Pemkot itu ada yang naik 100 ribu dan 200 ribu, itupun kita akan liat dari hasil tingkat kerja mereka (pegawai) masing-masing,” kata Susanti, di ruang kerjanya,  Senin, 22 Januari 2018.

Menurutnya, kenaikan di tingkat kecamatan dan kelurahan itu sesuai intruksi wali kota. Pasalnya, camat dan lurah sebagai ujung tombak dalam pemerintahan, sehingga dapat dinaikan.

“Karena Wali Kota menilai camat dan lurah ini sebagai ujung tombak yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” terangnya.

Kenaikan TKD ini, tambah dia akan bervariasi. Berpacu pada hasil kinerja ASN.

Apabila hasil kerjanya bagus dan bisa memperolah nilai bagus, akan mendapatkan TKD yang sesuai. Begitu pula sebaliknya, apabila kinerjanya tidak bagus, akan mendapatkan hasil tidak bagus pula.

“Kalau tidak tercapai kinerjanya, dan tidak masuk kantor akan dipotong TKDnya. Jadi saya harap kepada semua ASN untuk bisa bekerja sebaik-baiknya dan sebagus-bagusnya,” imbaunya.

Baca Juga :  Tiga Paket Sabu Diamankan dari Warga Baubau

Dengan adanya kenaikan TKD  tersebut, Susanti berharap, semua pegawai harus proposional dengan kenaikan tambahan penghasilan dalam menjalankan tugas dan fungsi masing-masing.

“Kita harapkan juga kinerjanya meningkat, motivasi kerjanya meningkat sehingga secara total kinerja pemerintah kota juga akan lebih bagus dari pada tahun-tahun sebelumnya,” harapnya.(***)

Sumber: Inilahsultra

Facebook Comments