Target PAD Buton Rp 19,7 Miliar

PASARWAJO, Rubriksultra.com- Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Buton tahun 2019 ditarget sebesar Rp 19,7 miliar. Hingga Agustus, realisasi PAD ini sudah mencapai 60,67 persen atau setara Rp 12 miliar.

“Posisi kita hingga Agustus itu sudah 60,67 persen dari target Rp 19,7 miliar atau sudah Rp 12 miliar yang berhasil terkumpul. Masih ada 30 persen lagi,” kata Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Buton, Halimu ditemui di kantornya, Rabu 11 September 2019.

- Advertisement -

Kata dia, sumber PAD Buton yang terkumpul diantaranya berasal dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB-P2), Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), pajak reklame, pajak rumahmakan, restoran dan hotel.

Lalu alat-alat berat dsn kemudian ditambah dengan kekayaan aset daerah yang berpotensi menghasilkan PAD. Diantaranya, gedung pancasila, rumah-rumah dinas dan gedung Wa Ode Wau.

“Termasuk juga dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Buton,” katanya.

Kendati waktu yang dibutuhkan untuk mencapai target sudah semakin singkat yakni tinggal empat bulan lagi, namun Halimu optimis bisa mencapai bahkan melampui target yang ditetapkan.

“Kita harapkan target ini bisa kita lampaui. Insya Allah kita bisa. Empat bulan ini adalah waktu yang panjang,” katanya.

Ia pun berharap kedepan seluruh OPD Kabupaten Buton sebagai penanggung jawab sumber PAD agar lebih kreatif. Menggali potensi yang ada untuk meningkatkan sumber PAD. (adm)

Penulis : Afrizal

Facebook Comments
Baca Juga :  Buton Siapkan Seragam Gratis Untuk Siswa PAUD