Revisi RPJMD Buteng Fokus Rasionalisasi Target

H. Kostantinus Bukide

LABUNGKARI, Rubriksultra.com- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buton Tengah (Buteng), H. Konstatinus Bukide membentuk tim kecil guna percepatan revisi Rancangan Pembangungan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Buteng. Revisi dokumen ini difokuskan pada rasionalisasi target.

“Terkait perintah bupati mengenai revisi RPJMD itu, kita sudah bentuk semacam tim kecil untuk percepatan. Saya juga sudah meminta Kepala Bappeda Buteng untuk menyiapkan dokumen itu,” kata H. Konstatinus Bukide ditemui di Baubau, Kamis 17 Oktober 2019.

- Advertisement -

H. Konstatinus Bukide menjelaskan, pemerintah dimungkinkan untuk merevisi RPJMD ditahun ketiga. Revisi dilakukan secara menyeluruh.

“Makanya memang untuk revisi RPJMD ini kita lebih ke penajaman seperti perintah bupati,” katanya.

Penajaman itu khususnya terkait target capaian. Kata dia, jangan sampai pada saat penyusunan RPJMD sebelumnya terdapat target yang terlau tinggi.

“Nah, ditahun ketiga ini kita sudah bisa mengukur, apakah pencapaian sudah masuk 50 persen atau belum. Kalau belum masuk maka target kita turunkan sedikit sehingga pada tahun kelima pencapaian itu bisa tercapai,” jelasnya.

Pun begitu, ada juga kemungkinan target akan dinaikan. Semua itu tergantung hasil rasionalisasi dari seluruh sektor yang ada.

“Insya Allah semua sektor itu akan dilihat. Hanya saja, RPJMD ini khan mengacu pada tiga sektor unggulan, yakni kelautan dan perikanan, pariwisata serta perkebunan dan pertanian, sementara sektor lain itu pendukung,” katanya.

Ditanya kapan dokumen ini akan disiapkan, H. Konstantinus Bukide mengaku secepatnya.

“Saya tidak target apakah Oktober atau November, artinya sesegera mungkin. Lebih cepat lebih baik,” tandasnya. (adm)

Penulis : Sukri Arianto

Facebook Comments
Baca Juga :  Dishub Buteng Larang Angkutan Luar Daerah Langsung ke Wamengkoli