16 Dubes Negara Sahabat Hadiri HPS di Sultra

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo membuka secara resmi HPS ke-39 di Sultra. (FOTO ISTIMEWA)

KENDARI, Rubriksultra.com- Gaung Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 yang digelar di Sulawesi Tenggara (Sultra) sebagai tuan rumah cukup besar. Pasalnya, 16 duta besar (Dubes) negara sahabat tercatat hadir dalam acara ini.

Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian, Prihasto Setyanto yang juga selaku Ketua Panitia HPS ke-39 di Sultra mengatakan, selain 16 duta besar, acara ini juga dihadiri enam organisasi internasional.

- Advertisement -

“Selain itu ada 12 gubernur dan wakil gubernur serta 71 bupati dan wali kota se-Indonesia dan sekitar lima ribu petani,” kata Prihasto dalam sambutannya di Desa Puudambu, Kecamatan Angata, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Prihasto menjelaskan, HPS merupakan kegiatan tahunan yang digelar sejak 1981 bersama salah satu Badan PBB, Food and Agriculture Organization of United Nations (FAO). Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat internasional pentingnya pemenuhan pangan dunia yang berkelanjutan.

Dalam agenda HPK ke-39 kali ini digelar berbagai kegiatan diantaranya diplomatik tour di Kabupaten Konawe untuk melihat langsung pengolahan sagu modern. Lalu ada inovasi teknologi kakao yang ada di Kabupaten Konsel serta seminar nasional pemanfaatan pangan lokal.

“Selain itu, ada festival pangan lokal dari 34 provinsi serta temu bisnis kakao. Dalam festival itu panitia menyiapkan 226 stand yang dipusatkan di MTQ Kendari,” katanya. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Pengendalian Inflasi jadi Prioritas