Pemprov Sultra Genjot Pembangunan Perpustakaan Bertaraf Internasional

Ir Hj Wa Gola

BAUBAU, Rubriksultra.com- Misi Sultra Cerdas yang menjadi program kerja Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra, H. Ali Mazi-Lukman Abunawas kini mulai nampak. Dimulai dari pembangunan infrastruktur perpustakaan bertaraf internasional.

Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sultra, Ir Hj Wa Gola mengatakan, pembangunan gedung perpustakaan itu sementara berproses. Saat ini pembangunan sudah mencapai empat lantai.

- Advertisement -

“Alhamdulillah sekarang ini sudah dalam pembangunan fisik. Sudah empat lantai (Pembangunan gedung) sekarang,” kata Ir Hj Wa Gola ditemui di Baubau baru-baru ini.

Pada 2020 nanti, kata dia, pembangunan akan dilanjutkan tiga lantai lagi. Sehingga total pembangunan gedung perpustakaan ini berjumlah tujuh lantai.

“Nanti setelah itu baru bisa dioperasikan,” katanya.

Pembangunan gedung perpustakaan ini, akunya, karena memang menjadi salah satu misi prioritas AMAN, yakni Sultra Cerdas.

Selain pembangunan infrastruktur, juga diikuti dengan program lainnya dengan tujuan untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas.

“Dengan masyarakat yang cerdas maka tentu daerah juga akan maju,” katanya.

Hj Wa Gola menyadari, saat ini dunia memasuki era digital 4.0. Masyarakat dituntut untuk menguasai dan mengendalikan keadaan dengan menguasai teknologi.

“Nah, dengan hadirnya perpustakaan ini diharapkan menjadi wadah dan jembatan informasi bagi masyarakat Sultra pada umumnya. Kita tidak boleh lagi berdiam diri tapi harus aktif menguasai teknologi,” katanya.

Untuk itu, pihaknya juga intens turun ke tiap daerah di Sultra untuk meningkatkan SDM pengelolaan perpustakaan. Hal itu penting agar masyarakat bisa menjadikan perpustakaan sebagai literasi, utamanya meningkatkan kemampuan dan kreatifitas sesuai dengan keahlian masing-masing.

“Misalnya petani, mereka bisa mengakses cara bercocok tanam yang baik, pengemasan hingga pemasaran. Semua itu bisa diakses melalui perpustakaan kelurahan yang ada didaerahnya yang saling terkoneksi melalui pemanfaatan IT,” katanya. (adm)

Baca Juga :  Jurni, Putra Mawasangka Siap Tarung di Pilgub Sultra

 

 

Penulis : Sukri Arianto

Facebook Comments