Hadiri Festival Meta’u’a, Arusani Resmikan Pembangunan Jalan Tiga Desa di Siompu

Plt Bupati Busel, H. La Ode Arusani saat menghadiri Festival Meta'ua Siompu, Minggu 17 November 2019. (FOTO ISTIMEWA)

BATAUGA, Rubriksultra.com- Selepas menghadiri acara pesta adat di baruga Wapula, Plt Bupati Busel, H. La Ode Arusani langsung beranjak menuju Kecamatan Siompu, Minggu 17 November 2019.

Kedatangannya untuk menghadiri Festival Meta’u’a Siompu yang merupakan acara adat tahunan masyarakat Kecamatan Siompu. Acara ini dipusatkan di Baruga Binawakili.

- Advertisement -

Sebelum ke acara festival, orang nomor satu di Busel ini juga menyempatkan melakukan peletakan batu pertama pembangunan jalan yang menghubungkan tiga desa di Kecamatan Siompu.

Tiga desa itu yakni Desa Nggula-nggula, Batuawu dan Wakinamboro. Ketiga desa ini rencananya akan terhubung ke jalan poros Siompu-Siompu Barat.

Setibanya dilokasi festival, H. La Ode Arusani disambut oleh pemerintah kecamatan dan lembaga adat Siompu.

Dalam sambutannya, Politisi PDI Perjuangan Busel ini menyampaikan bila acara adat seperti ini akan terancam punah jika masyarakat tak bersama memupuk dan melestarikannya.

Disisi lain, kata dia, acara seperti ini juga dapat menumbuhkan semangat silaturrahmi antar seluruh lapisan masyarakat. Olehnya, Ia memohon dukungan para parabela (Tetua adat) untuk bersama membangun kebudayaan.

“Insya Allah parabela akan saya ajak untuk melihat pembangunan kebudayaan di Batam untuk menambah wawasan,” katanya.

“Kita berharap acara seperti ini dapat lebih ditingkatkan lagi. Tentu Pemda Busel mendukung penuh dengan menyediakan anggaran pada tahun-tahun mendatang,” katanya.

Ia yakin, kegiatan pariwisata dan kebudayaan akan mengangkat nama besar Busel. Ia pun sangat berterima kasih kepada panitia atas terselenggaranya acara Festival Meta’ua.

Selain itu, H. La Ode Arusani menjelaskan, upaya penyelesaian pembangunan jalan akan tuntas pada 2021 mendatang. Saat ini, akunya, penyelesaian sudah mencapai 80 persen.

“Semoga kedepan bisa lebih ditingkatkan lagi,” katanya.

Perwakilan Tokoh Adat Siompu, Pomili Womal mengapresiasi dukungan Bupati Busel, H. La Ode Arusani atas kerja kerasnya membangun Busel.

Baca Juga :  27 Desa dan Kelurahan di Busel Jadi Lokus Penurunan Stunting

“Insya Allah kami masyarakat juga akan mendukung agar pemerintah daerah mempersembahkan hal-hal yang lebih besar kedepan,” kata Pomili Womal yang juga menjabat sebagai Anggota DPRD Busel ini.

Dalam acara ini, Plt Bupati Busel, H. La Ode Arusani didampingi ibu Ketua PKK Busel, Ketua DPRD Busel beserta unsur pimpinan dan anggota, unsur pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Sultra, Unsur Forkopimda, Sekda Busel dan para kepala OPD lingkup Pemda Busel. (adm)

Facebook Comments