Buton Selatan Festival 2019 Siap Digelar

Silat tradisional yang diperankan masyarakat Buton Selatan (FOTO ISTIMEWA)

BATAUGA, Rubriksultra.com– Pemerintah Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra) akan menggelar perhelatan perdana Buton Selatan Festival 2019. Giat ini rencananya akan diselenggarakan selama tiga hari mulai 29 November hingga 1 Desember 2019.

Berdasarkan rilis yang diterima Rubriksultra.com, festival pariwisata dan budaya ini akan mengangkat tema besar “Keajaiban Buton Selatan atau The Wonder of South Buton”. Tema besar ini akan menjadi nafas sebagai upaya promosi pariwisata Nusantara di Dalam dan Luar Negeri Kabupaten Buton Selatan.

- Advertisement -

Sebagai daerah yang baru mekar 2014 lalu, jajaran pemerintah Kabupaten Buton Selatan tengah menggalakkan pembangunan pariwisata berbasis adat budaya serta masyarakat bahari. Hal ini sejalan dengan semboyan kabupaten “Buton Selatan Beradat’.

Apalagi adat dan budaya asli masih terus dilestarikan yang ditandai dengan ritual adat dan budaya di desa-desa yang rutin digelar dalam berbagai kesempatan. Termasuk eksistensi Parabela (Tetua adat) sebagai ujung tombak adat dan budaya dalam beragam aktivitas dan kehidupan masyarakat Buton Selatan.

Penyelenggaraan perdana Buton Selatan Festival 2019 ini sekaligus menjadi tonggak upaya promosi potensi kekayaan dan keindahan alam. Termasuk keunikan budaya yang dimiliki sebagai diferensiasi budaya dibandingkan daerah lain di Indonesia.

Ciri khas kebudayaan Buton Selatan adalah paduan langgam budaya Kesultanan Buton tua dan budaya bahari. Hal ini selaras karena masyarakat Buton dikenal sebagai pelaut tangguh.

Selain itu, pelaksanaan Buton Selatan Festival 2019 akan mengukuhkan Buton Selatan sebagai salah satu destinasi tujuan wisata baru di Sulawesi Tenggara. Pariwisata, saat ini memang tengah menjadi salah satu program unggulan yang nantinya secara bertahap dapat memberikan dampak langsung bagi perekonomian masyarakat.

Pada festival perdana ini, Pemkab Busel akan menyuguhkan sejumlah acara unggulan sebagai etalase bagi masyarakat luas untuk mengenal lebih jauh adat dan budaya, kehidupan masyarakat bahari, kekayaan kuliner dan wastra, serta potensi kreatif yang dimiliki masyarakat Busel.

Baca Juga :  Pj Bupati Busel Evaluasi Kinerja Pimpinan OPD

Daiantaranya, parade budaya, karnaval perahu nelayan, ritual adat, pagelaran tari persembahan para pelajar, pemilihan duta wisata Buton Selatan, zona kuliner dan kreatif, lomba-lomba tradisional hingga fashion show tenun Buton.

Karnaval perahu di Buton Selatan Festival 2019 ini rencanaya juga akan diikuti ratusan kapal nelayan. Hal ini sebagai bentuk partisipasi dan kebanggaan masyarakat bahari Buton Selatan dengan melintasi perairan Batauga.

Selanjutnya parade budaya. Parade ini ditujukan sebagai wujud toleransi dan kehidupan damai di Buton Selatan yang sejak lama telah mengenal konsep demokrasi sejak era Kesultanan Buton.

Kekayaan tenun Buton juga akan mendapat tempat tersendiri di panggung Buton Selatan Festival melalui fashion show tenun. Berkolaborasi dengan desainer yang karyanya telah mewarnai catwalk bergengsi nasional di ajang Indonesia Fashion Week dan negara tetangga.

Sedang ajang pemilihan duta wisata adalah untuk menemukan potensi generasi muda Buton Selatan yang kenal budaya mereka sekaligus berwawasan. Sekaligus menjadi duta dan wajah Buton Selatan dalam berbagai kegiatan promosi pariwisata.

Buton Selatan Festival 2019 diharapkan dapat menjadi jendela untuk melihat lebih dekat keragaman budaya serta keindahan alam Kabupaten Buton Selatan. Inilah upaya pemerintah Kabupaten Buton Selatan untuk ambil bagian dalam upaya merawat Indonesia, melalui pelestarian adat dan budaya lokal. (adm)

Berikut susunan acara Buton Selatan Festival 2019 yang dihimpun Rubriksultra.com:

1. Tanggal 29 November 2019.
• Ritual adat laut
• Parade karnaval perahu
• Pembukaan zona kuliner dan kreatif
• Musik komunitas
• Opening ceremony Buton Selatan Festival

2. Tanggal 30 November 2019.
• Pagelaran karnaval budaya
• Gelar seni budaya 7 kecamatan
• Tarian budaya
• Pemilihan Duta Pariwisata Buton Selatan

Baca Juga :  Satpol PP Busel Patroli Pengawasan Aktifitas Penambangan Pasir

3. Tanggal 1 Desember 2019
• Gerak jalan santai (Mai Ta Dhalae)
• Zumba
• Permainan dan lomba tradisional
• Closing ceremony
• Fashion show tenun Buton (kolaborasi desainer Indonesia Fashion Week)

Facebook Comments