Plt. Bupati Busel Paparkan 13 Fokus Prioritas Pembangunan Tahun 2020

Plt. Bupati Buton Selatan, La Ode Arusani saat menyerahkan dokumen nota pengantar KUA/PPAS APBD Kabupaten Buton Selatan kepada Wakil Ketua DPRD Kabupaten Buton Selatan, Aliadin, dalam sidang paripurna yang berlangsung di Gedung Lamaindo, Kabupaten Buton Selatan. (FOTO ASMAR)

BATAUGA, Rubriksultra.com – Plt. Bupati Buton Selatan (Busel), La Ode Arusani memaparkan 13 fokus prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2020.

Hal itu dipaparkan Plt. Bupati saat menyampaikan pidato pengantar kebijakan umum anggaran dan rancangan prioritas platfon anggaran sementara dalam sidang paripurna di kantor DPRD Kabupaten Buton Selatan, Senin 25 November 2019.

- Advertisement -

Kebijakan tersebut antara lain, pembangunan dan pengembangan infrastruktur sebagai lanjutan pembangunan jalan tahun 2019. Pembangunan sarana dan prasarana kesehatan lingkungan, pendidikan dan kesehatan serta upaya peningkatan pelayanan kesehatan penduduk miskin.

Pemkab Busel juga akan mendorong percepatan penanggulangan kemiskinan melalui pembangunan dan peningkatan kualitas perumahan masyarakat. Termasuk pemberian bantuan terhadap masyarakat miskin.

Arusani juga mengulas mengenai penertiban administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Pengembangan daerah tujuan wisata serta pelestarian situs dan nilai budaya.

Pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana perhubungan. Peningkatan sumber daya aparatur pemerintahan, serta peningkatan kualitas fungsi pengawasan internal pemerintahan.

Tahun 2020 mendatang, Pemkab Buton Selatan juga fokus pada peningkatan kualitas pengelolaan keuangan daerah, serta mendorong penyertaan modal pada Bank dan perusahaan daerah.

Dalam pidatonya, Arusani juga menyampaikan ringkasan pendapatan, belanja serta pembiayaan pada KUA/PPAS Kabupaten Buton Selatan pada tahun 2020. Hal itu terdiri dari pendapatan pada APBD tahun 2020 sebesar Rp. 626.915.584.059 dan belanja sebesar 728.044.721.868.

Disisi lain, Pemkab Buton Selatan juga mendapat penerimaan pembiayaan pada APBD tahun 2020 sebesar 143. 012.075.256.99. Sementara dari sisi pengeluaran pembiayaan sebesar Rp. 41.250.000.000. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Hasil Tes CPNS Busel Diduga Ada Permainan