Buton Selatan Festival, Kebangkitan Eksplorasi Potensi Daerah

Bupati Busel, La Ode Arusani saat membuka Buton Selatan Festival di taman pantai Batauga, Jum'at 29 November 2019 lalu. (FOTO ISTIMEWA)

BATAUGA, Rubriksultra.com- Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Busel) melakukan terobosan dalam pembangunan daerah. Kekayaan dan keunikan pariwisata bawah laut, kemaritiman, budaya serta adat istiadat mulai diekspos ke mata dunia.

Terobosan itu dituangkan kedalam event Buton Selatan Festival 2019. Bertajuk “The Wonder of South Busel”, festival perdana ini menjadi momentum awal kebangkitan eksplorasi potensi daerah demi pembangunan berkelanjutan.

- Advertisement -

“Ini langkah awal kita mengekspose potensi daerah ke mancanegara. Selama ini, berbagai keunikan yang kita miliki mulai dari pariwisata bawah laut, kemaritiman, budaya serta adat istiadat belum terekspos dengan maksimal,” kata Plt Bupati Busel, La Ode Arusani saat membuka Button Selatan Festival di taman pantai Batauga, Jum’at 29 November 2019. .

La Ode Arusani meyakini Busel akan menjelma menjadi destinasi wisata baru dan lebih maju. Apalagi Busel didukung dengan potensi pariwisata budaya yang sangat kaya.

“Kita juga memiliki potensi perikanan dan kelautan. Ini menjadi pilihan destinasi pariwisata baru di Indonesia bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, khususnya di kawasan Indonesia timur,” katanya.

Ia pun optimis dan berharap agar pemerintah pusat bisa melirik potensi Busel ini. Tujuannya satu, untuk membangun daerah secara bersama-sama.

“Intinya segala potensi ini akan terus kita genjot. Ini adalah awal dari langkah besar kita mewujudkan pembangunan Busel lebih baik dimasa depan,” katanya.

Diketahui, Buton Selatan Festival ini digelar selama tiga hari. Dimulai sejak hari ini, Jum’at 29 November hingga 1 Desember 2019.

Dalam festival ini berbagai ritual budaya dan pagelaran seni serta eksplorasi keindahan alam Busel bisa dinikmati. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Purnabakti, Sekda Busel Minta ASN Junjung Kejujuran dan Loyalitas