Open Ceremony Buton Selatan Festival, Perpaduan Tiga Dimensi Budaya

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buton Selatan (Busel), La Ode Harwanto

BATAUGA, Rubriksultra.com- Gegap gempita open ceremony Buton Selatan Festival menggema di lapangan Lakarada, Jum’at 29 November 2019 sekira pukul 19.00 Wita tadi.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buton Selatan (Busel), La Ode Harwanto mengatakan, open ceremony dihadiri sejumlah tokoh nasional, seperti Anggota DPD RI, Amirul Tamim, Dirjen Kementrian Kelautan termasuk Dirjen Kemendagri.

- Advertisement -

Buton Selatan Festival ini merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Buton Selatan.

Kegiatan memadukan tiga dimensi budaya masa lalu para leluhur dengan mengusung tema budaya, pariwisata dan juga kemaritiman.

Festival ini juga merupakan ujung tombak visi misi Bupati Busel dalam menggenjot dan mempromosikan pariwisata sehingga menjadi produk unggulan daerah kedepannya.

Selain itu, dalam festival ini akan menampilkan permainan-permainan tradisional yang sudah tidak pernah ditampilkan. Hal itu penting untuk memperkenalkan kembali kekayaan daerah yang dimiliki dan untuk diketahui oleh generasi muda hari ini.

“Permainan tradisional seperti Kaoda-oda dan kaleko akan memeriahkan Festival ini. Bahkan kami memberikan kesempatan kepada saudara-saudara kita dari Ambon untuk menampilkan permainan tradisional yaitu bambu gila, sehingga generasi muda bisa menjaga nilai-nilai dan juga tradisi ini,” tutupnya. (adm)

Penulis : Syahrir

Facebook Comments
Baca Juga :  Tes SKD CPNS Busel, Bertambah Tiga Peserta yang Lolos Disesi 18