Tes Komputer Akan Diberlakukan di Ujian Tertulis Seleksi KPU Sultra

KENDARI, Rubriksultra.com- Ada yang berbeda dengan model tes tertulis dalam seleksi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra kali ini. Bila tahun sebelumnya, tes tertulisnya dengan mengisi di atas kertas lembaran jawaban, sekarang seluruh calon anggota KPU Sultra akan dites pengetahuannya dengan model Computer Based Test (CBT) atau tes komputer.

Ketua Timsel KPU Sultra Najib Husen mengaku, model seleksi anggota KPU saat ini sangat terukur. Pengetahuan dan ketepatan menjawabnya bisa dilihat dari hasil tes komputer. “Tes tertulis agak grogi dengan sistem baru. Dengan menggunakan sistem berbasis komputer,” ungkap Najib Husen, Selasa 30 Januari 2018.

- Advertisement -

Najib mengaku, ada tiga pilihan lokasi untuk dilaksanakan tes tertulis nanti. Rencananya, mereka akan menyewa lembaga pemerintah yang memiliki fasilitas komputer yang memadai. “Kita usulkan dilaksanakan di laboratorium UHO, LPMP atau SMK 4 Kendari,” kata Najib.

Menurut dia, dengan tes tertulis model baru ini, bisa memberikan peluang kepada siapa pun yang berminat mengikuti seleksi calon anggota KPU Sultra. “Pada dasarnya semua terbuka. Persoalan punya pengalaman atau tidak, nanti dilihat sesuai hasil tesnya,” ujarnya.

Hingga saat ini, kata dia, timsel belum diberikan jadwal oleh KPU RI untuk dimulainya seleksi. Biasanya, tahapan awal akan dimulai dengan pengumuman jadwal pendaftaran. “Jadwal pasti dari KPU RI belum ada. Tapi kita akan mulai di Februari nanti,” jelasnya.

Timsel, kata dia, diberi waktu selama tiga bulan untuk melakukan seleksi calon anggota KPU Sultra hingga melahirkan 10 besar. Nanti, 10 besar yang dihasilkan ini akan ditetapkan lima orang oleh KPU RI sendiri. “Penetapannya nanti kemungkinan dua hari sebelum pemilihan gubernur,” pungkasnya.(admin)

 

 

Sumber: Inilahsultra

Facebook Comments
Baca Juga :  Roti Boy Hadir di Kota Baubau