Monumen Sultan Himayatuddin, AS Tamrin: Akan Dibangun Megah

Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin.

BAUBAU, Rubriksultra.com- Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin merespon positif usulan berbagai pihak untuk membangun monumen pahlawan nasional Sultan Himayatuddin Muhamad Saidi atau Oputa Yi Koo.

Orang nomor satu di Baubau ini juga mengaku telah membangun komunikasi dengan Gubernur Sultra, H. Ali Mazi perihal pembangunan monumen pahlawan nasional Sultra asal Buton itu.

- Advertisement -

“Saya sudah bicara dengan Pak Ali Mazi, nantinya akan dibangun dengan megah,” kata Dr AS Tamrin di rujabnya baru-baru ini.

Doktor jebolan IPDN Jatinangor ini akan mempertimbangkan berbagai hal sebelum monumen itu dibangun. Seperti mengadakan sayembara untuk memilih desain yang paling baik.

Begitu juga terkait lokasi pembangunan. Hal ini penting agar monumen tugu itu menjadi icon baru daerah.

“Apakah di simpang lima Palagimata, apakah di Kotamara atau dimana tepat yang strategis. Itu akan kita pikirkan,” katanya.

Menurutnya pemilihan lokasi sangat penting. Utamanya menjadi tempat rekreasi atau refresing baru bagi masyarakat Kota Baubau khususnya dan Sulta pada umumnya.

Wali Kota Baubau dua periode ini mengaku tak ingin buru-buru menetapkan itu semua. Ia ingin seluruh masyarakat mau mendukung rencana pembangunan monumen nasional ini.

“Sebelum dibangun akan kita umumkan untuk dipahami semua lapisan masyarakat. Apalagi Sultan Himayatuddin ini bukan hanya milik masyarakat Buton tetapi sudah menjadi milik nasional,” katanya. (adm)

Penulis : Sukri Arianto

Facebook Comments
Baca Juga :  Lakalantas di Baubau, Seorang Pengendara Motor Meninggal Dunia