Polres Baubau Libatkan Remaja Masjid Bantu Pengamanan Natal di Buteng

Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari berpose bersama personil dan pengurus gereja saat memantau pos pengamanan natal di Buteng, Senin 23 Desember 2019. (FOTO ISTIMEWA)

LABUNGKARI, Rubriksultra.com- Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari memastikan perayaan natal di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) yang menjadi wilayah hukumnya berjalan aman. Selain personil gabungan TNI/Polri, pengurus gereja dan remaja masjid juga akan turut membantu pengamanan.

“Disini kita melibatkan remaja masjid untuk pengamanan, membantu lancarnya pelaksanaan ibadah,” kata AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari saat memantau pos pengamanan natal di Buteng, Senin 23 Desember 2019.

- Advertisement -

Ia pun sangat mengapresiasi keterlibatan remaja masjid untuk membantu pengamanan ibadah natal. Menurutnya, hal ini bisa dijadikan sebagai wujud kerukunan umat beragama.

“Mari kita tunjukan bahwa di Buteng, Baubau dan wilayah lainnya bahwa hal ini sebagai simbol kerukunan umat,” katanya.

Kata dia, secara keseluruhan ada 27 titik yang menjadi objek pengamanan natal di Baubau maupun Buteng. Namun berdasarkan intensitas dan banyaknya jemaah serta tingkat ancaman maka hanya 15 pos pengamanan yang didirikan.

Khusus wilayah Buteng, ada tiga pos pengamanan yang didirikan. Masing-masing terletak di Gereja Katolik jalan poros Lakudo-Mawasangka Desa Lolibu Kecamatan Lakudo, Gereja Santa Maria Ratu Damai di jalan M Mingneau Desa Lakapera dan Gereja Santo Lasarus Dahiango Desa Lakapera Kecamatan Gu.

Pos pengamanan terhitung mulai aktif tertanggal 23 Desember 2019 sampai 1 Januari 2020. Terdapat tujuh personil gabungan TNI/Polri dibantu pengurus gereja dan remaja masjid yang akan bersiaga ditiap pos.

Untuk memastikan pengamanan jelang ibadah, sterilisasi akan digelar pada H-1. Harapannya agar prosesi ibadah betul-betul jauh dalam segala macam ancaman dan aksi terorisme.

AKBP Rio Tangkari meminta agar jemaah turut membantu kerja pihak keamanan. Caranya dengan tidak membawa barang yang tidak diperlukan.

“Bawa seperlunya saja, tidak perlu membawa ransel. Cukup membawa tas kecil untuk tempat menyimpan alkitab,” katanya.

Baca Juga :  Alumni PGSD Ini, Satu-satunya Yang Lulus SKD CPNS Disesi Pertama

Ia berharap besar semoga perayaan misa natal dan tahun baru 2020 nantinya aman dan nyaman serta membawa kesejukan. (adm)

Penulis : Sukri Arianto

Facebook Comments