Pemkot Baubau Tambah Armada Pemadam Kebakaran

MZ Tamsir Tamim

BAUBAU, Rubriksultra.com- Pemerintah Kota Baubau berencana menambah satu armada pemadam kebakaran pada 2020 ini. Anggaran pengadaan sudah disiapkan senilai lebih dari Rp 1 miliar.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Baubau, MZ Tamsir Tamim mengatakan, pengadaan satu armada ini dianggarkan melalui APBD 2020. Dengan tambahan ini maka jumlah armada yang dimiliki menjadi sembilan unit.

- Advertisement -

Penambahan armada diupayakan dilakukan tiap tahun. Hal ini sudah ditetapkan dalam Standar Pelayanan Minimum (SPM).

“Kemendagri setiap tahun mengevaluasi mulai SDM, armada hingga catatan respon time. Semua kita laporkan untuk melihat apakah SPM ini sudah memadai atau belum, sudah bergerak, tetap saja atau setiap tahun dibenahi,” katanya.

Hal ini terus menjadi perhatian. Sebab bila tidak ada pergerakan maka pimpinan daerah akan langsung ditegur.

“Alhamdulilah Baubau naik terus karena sudah ada komitmen dari pimpinan dalam menjabarkan RPJMD dan visi misi. Kita juga konsisten dengan apa yang sudah termuat dalam Permendagri 114 dan Permendagri 112 menyangkut SPM dan standarisasinya,” katanya.

Kedepan juga, kata dia, mobil rescue, mobil komando, dan peralatan penunjang lainnya akan disiapkan. Apalagi dalam standarisasi semua perlatan itu harus ada.

“Tapi kita akan cicil satu persatu tiap tahunnya. Jika ini bisa dilaksanakan maka berarti SPM kita juga akan naik,” katanya.

Peralatan ini dicicil sebab hingga saat ini kran bantuan dari pemerintah pusat maupun propinsi belum terbuka. Sehingga untuk meningkatkan SPM masih harus mengandalkan APBD.

“Kalau kita adakan serentak khan tidak memungkinkan APBD kita. Jadi kita lakukan bertahap,” katanya. (adm)

Penulis : Sukri Arianto

Facebook Comments
Baca Juga :  Baubau Utus 39 Atlet di Popda Sultra