Gempa Bumi 2,1 SR Guncang Moramo Kendari

Titik lokasi gempa di Moramo Kendari. (FOTO BMKG)

KENDARI, Rubriksultra.com- Gempa bumi tektonik berkekuatan 2,1 Skala Richter (SR) baru saja mengguncang wilayah tenggara Kendari tepatnya di Moramo. Gempa bumi tercatat terjadi pada pukul 11:21:23 Wita, Selasa 18 Februari 2020.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia, S.Si dalam rilisnya menyatakan, berdasarkan hasil analisa BMKG menunjukkan informasi gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 2,1 SR. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4.17 LS, 122.63 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 23.7 kilometer tenggara Kendari pada kedalaman 10 km.

- Advertisement -

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Kendari di tenggara Kendari.

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Kendari dan Moramo pada skala II MMI .

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami,” katanya.

Hingga pukul 11:41 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pintanya. (adm)

Penulis : Sukri Arianto

Facebook Comments
Baca Juga :  Sultra Mulai Distribusi 31.080 Dosis Vaksin