Pokdarwis Dadi Mangura Bantu Warga Keraton Sukseskan Sensus Penduduk Online

Suasana penginputan data Sensus Penduduk (SP) 2020 secara online di kediaman Ketua RT 01/RW 01 tepatnya jalan Sultan La Buke, Kelurahan Melai, Kecamatan Murhum, Kota Baubau. (FOTO ISTIMEWA)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dadi Mangura Keraton ikut menyukseskan Sensus Penduduk Online tahun 2020.

Pokdarwis bekerjasama dengan dengan RT dan dibantu Kasi Statistik Produksi BPS Kota Baubau menyiapkan posko pelayanan sensus bagi masyarakat di wilayah Keraton, Kelurahan Melai, Kec. Murhum, Kota Baubau.

- Advertisement -

Ketua Pokdarwis Dadi Mangura Keraton, Muhamad Asrul Salam mengaku sangat senang bisa terlibat dalam program nasional ini. Apalagi dalam program ini, terdapat beberapa hal yang dapat dijadikan manfaat bagi Pokdarwis sendiri.

“Pokdarwis adalah organisasi yang bergerak di bidang kepariwisataan dan terlebih beromisili di Kelurahan Melai. Jadi keterlibatan kami disini sebagai salah satu bentuk pengabdian kami kepada masyarakat, khususnya masyarakat kelurahan Melai,” kata Muhamad Asrul Salam, Jum’at 21 Februari 2020.

Selain itu, masyarakat terkadang masih banyak yang belum mengetahui atau paham dengan sensus penduduk secara online. Olehnya bersama dengan mitra BPS, Neon Syarifuddin serta didampingi Ir. Ahmad Zakih melakukan pembimbingan kepada masyarakat untuk melakukan pengisian data-data dalam sensus penduduk secara online.

“Terpenting, Pokdarwis selain membantu masyarakat untuk pengisian data-data juga akan memberikan sosialisasi sadar wisata yang lebih dikenal dengan Sapta Pesona kepada masyarakat Kelurahan Melai maupun pengunjung Benteng Keraton Kesultanan Buton,” katanya.

Ketua RT 01/RW 01 Kelurahan Melai, Neon Syarifuddin menambahkan, untuk menyukseskan program nasional ini, maka doperlukan posko. Tujuannya untuk memberikan informasi dan kemudahan kepada masyarakat Kelurahan Melai khususnya dalam melakukan penginputan data secara online yang dimulai sejak tangal 15 Februari 2020.

“Dalam penginputan data di posko, kami didampingi Kasi Statistik Produksi BPS Kota Baubau, Ir. Ahmad Zakih yang juga merupakan tokoh masyarakat Kelurahan Melai dan juga Pokdarwis Dadu Mangura,” kata Neon Syarifuddin yang juga merupakan mitra BPS Baubau ini.

Baca Juga :  Cegah Stunting, Nursanti Monianse Dorong Pemanfaatan Pekarangan

Kasi Statistik Produksi BPS Kota Baubau, Ir. Ahmad Zakih sangat mengapresiasi kolaborasi antara Ketua RT 01/RW 01 Kelurahan Melai dan Pokdarwis ini. Menurutnya, hal ini adalah langkah positif dengan melibatkan secara aktif para generasi muda.

Ir. Ahmad Zakih yang juga Pembina Pokdarwis ini menilai langkah Ketua RT 01/RW 01 Kelurahan Melai sangat tepat menggandeng Pokdarwis. Sebab Pokdarwis adalah organisasi yang bergerak dibidang pariwisata sekaligus berdomisili di Kelurahan Melai.

Organisasi ini dalam kesehariannya selalu intens berinteraksi dengan masyarakat. Baik masyarakat Kelurahan Melai maupun masyarakat diluar Kelurahan Melai dalam hal ini para wisatawan atau pengunjung Benteng Keraton Kesultanan Buton.

“Sehingga dengan interaksi yang cukup intens ini maka targetnya bukan hanya masyarakat Kelurahan Melai, tetapi para pengunjung Benteng Keraton Kesultanan Buton pun diharapkan bisa mendapatkan informasi tentang Sensus Penduduk tahun 2020. Tentunya selain informasi tentang kepariwisataan juga,” katanya. (adm)

Facebook Comments