Arhawi: MTQ Ajang Memperteguh Keimanan

Bupati Wakatobi, H.Arhawi didampingi Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daud bersama perwakilan Forkopinda saat pembukaan MTQ. (FOTO KURNIAWATI)

WAKATOBI, Rubriksultra.com- Bupati Wakatobi, H.Arhawi resmi membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XI dan Lomba Seni Qasidah (Lasqi) ke-IV tingkat Kabupaten Wakatobi, Sabtu malam, 22 Februari 2020.

Kata H.Arhawi, MTQ adalah ajang memperteguh keimanan. Olehnya Ia mengajak seluruh masyarakat terkhusus kafilah utusan delapan kecamatan di Wakatobi untuk menghadirkan hati dan jiwa selama berlangsungnya kegiatan itu.

- Advertisement -

“Inilah esensi dari penyelenggaraan MTQ, mari hadirkan hati dan jiwa selama berlangsungnya kegiatan ini,” ajak Arhawi.

Ia menjelaskan, MTQ dan Lasqi merupakan kegiatan religi yang rutin digelar setiap tahun. Selain meningkatkan ketaqwaan kepada sang pencipta, juga sebagai ajang mempersiapkan kafilah untuk event yang lebih tinggi.

Orang nomor satu di Wakatobi ini mengaku pemerintah daerah intens terhadap kegiatan keagamaan di masyarakat. Sebagai bentuk dukungan, Pemkab Wakatobi sejak beberapa tahun terakhir telah mengeluarkan peraturan daerah (Perda).

“Al Qur’an adalah kitab suci yang syarat motivasi untuk menciptakan generasi berakhlak mulia. Olehnya, Pemkab Wakatobi telah mengeluarkan Perda Nomor 14 Tahun 2012 tentang baca tulis Al Qur’an,” katanya.

Penerapan perda diharapkan dapat menyaring dampak negatif akibat perkembangan zaman. Hadirnya sejumlah TPQ di setiap desa dan kelurahan sedapat mungkin bisa membumikan nilai-nilai Islam di Wakatobi dan dapat terus berlanjut.

“Perda ini sangat prioritas, sehingga melalui pemerintahan ditingkat bawah seperti desa dan kelurahan diharapkan ada evaluasi. Banyak perubahan tahun ini terutama prioritas membumikan nilai-nilai Islam di Bumi Maritim Wakatobi,” harapnya.

Amatan media ini, diakhir pelaksanaan kegiatan. Pemkab Wakatobi secara simbolis memberikan bantuan hibah untuk pembangunan sejumlah masjid yang tersebar di Kabupaten Wakatobi. (adm)

Peliput: Kurniawati

Facebook Comments
Baca Juga :  Syarat Calon Independen Pilkada Wakatobi Minimal 7.905 Dukungan