RSUD Baubau Siapkan Enam Ruang Isolasi Covid-19

dr Lukman Sp.PD

BAUBAU, Rubriksultra.com- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Baubau menyiapkan enam ruang isolasi penanganan pasien Covid-19. Ruang ini disiapkan menyusul setelah RSUD Baubau ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan Covid-19 se-Kepulauan Buton (Kepton).

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Baubau, dr Lukman menerangkan, awalnya terdapat delapan ruang isolasi yang disiapkan. Namun setelah diskusi internal maka disepakati hanya enam ruang isolasi.

- Advertisement -

“Kita sepakat kurangi dua karena kita ingin menerapkan kebijakan pengendalian dan pencegahan infeksi di rumah sakit sehingga tidak terlalu berdekatan dengan IGD saat ini,” kata dr Lukman.

dr Lukman menjelaskan, dengan adanya enam ruang ini maka penanganan akan benar-benar dilakukan secara selektif. Strategi penjaringan ODP akan diperketat.

Sebisanya permasalahan diselesaikan ditingkat survelains atau puskesmas. Hal itu untuk mengurangi kemungkinan rumah sakit dibanjiri warga yang berstatus ODP atau PDP yang belum terscreaning.

“Bila kemudian banyak pasien yang terjaring, maka sesuai SOP, kita akan berkoordinasi dengan RS Bahteramas,” katanya. (adm)

Penulis : Sukri Arianto

Facebook Comments
Baca Juga :  Polemik Hasil Swab PCR, AS Tamrin Sampai Hubungi Gubernur