Umar Samiun Bantu 1.058 Keluarga Terdampak Covid-19 di Buton

Umar Samiun ditemani dua putranya, Odianov Chaliullah Almondo dan Pangeran Qian Santang saat menyerahkan bantuan kepada 1.058 keluarga terdampak Covid-19 di Buton. (FOTO ISTIMEWA)

PASARWAJO, Rubriksultra.com- Samsu Umar Abdul Samiun turut memberikan bantuan kepada masyarakat Kabupaten Buton yang terkena dampak Covid-19. Sebanyak 1.058 karung beras ukuran 10 kilogram dibagikan kepada masing-masing Kepala Keluarga (KK), Minggu 17 Mei 2020.

Bantuan ini diserahkan mantan Bupati Buton ini secara langsung di beberapa desa di Kabupaten Buton. Dalam kesempatan itu, Umar Samiun ditemani dua putranya, Odianov Chaliullah Almondo dan Pangeran Qian Santang.

- Advertisement -

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis kepada masing-masing kepala desa dan sejumlah perwakilan warga. Hal itu dilakukan guna menjaga physical distancing atau menjaga jarak serta tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Bantuan diberikan kepada warga Desa Kamelanta sebanyak 194 KK, Desa Barangka 300 KK, Desa Benteng 140 KK, Desa Nambo 254 KK, Desa Suandala 170 KK.

1.058 karung beras itu diangkut dan diantar langsung ke setiap kantor desa tujuan menggunakan satu mobil truck dan tiga mobil open cup L300.

Awalnya, ada 1.218 karung yang akan dibagikan. Hanya saja, jatah beras untuk desa Lawele ditunda penyalurannya berhubung tidak adanya koordinasi dengan kepala desa.

Samsu Umar Abdul Samiun mengimbau semua elemen masyarakat bersama pemerintah daerah agar bisa bekerja secara maksimal dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

“Pentingnya dukungan semua pihak supaya terus dengan sigap untuk berjuang dan berikhtiar secara bersama-sama dalam menangani virus Covid-19, agar kita dapat secepatnya melewati wabah ini. Sehingga, sektor sosial budaya, ekonomi, pendidikan, dan sektor pariwisata dapat kembali normal seperti sedia kala,” ungkapnya.

Dalam giat ini, kedua putera Umar Samiun juga terlihat ikut serta menyerahkan bantuan secara simbolis. Bahkan tidak canggung bergabung dan ikut menurunkan karung beras dari atas mobil.

Baca Juga :  Beckup Pengamanan, Personil Yonif 700 Raider Kodam Hasanuddin Dikirim ke Buton

“Bapak (Umar Samiun) mengajarkan kami anak-anaknya untuk selalu menanamkan rasa empati, dimana seseorang mampu merasakan keadaan emosional orang lain, merasa simpatik, dan cenderung ingin membantu,” beber Almondo.

Kata Elmondo, sebagai makhluk sosial, rasa empati merupakan hal yang perlu dimiliki oleh setiap orang. Bukan hanya orang dewasa saja, rasa empati juga harus ditanamkan sejak dini pada diri seseorang.

Olehnya itu, dia mengajak serta adiknya, Kian Santang untuk ikut berkeliling, berbagi kepada mereka yang membutuhkan.

“Kami selalu diajak berkeliling untuk melihat lingkungan sekitar. Ada banyak orang yang tidak seberuntung dalam hidup. Kebiasaan melihat penderitaan orang lain akan melembutkan hati,” kata Almondo.

Kepala Desa Kamelanta, Zurfin mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan beras yang diserahkan Umar Samiun.

Demikian halnya kepala Desa Barangka, Suharman. Dia berharap langkah yang ditempuh Umar Samiun bisa menjadi contoh dan diikuti warga lainnya yang punya ekonomi mapan.

“Tentunya bantuan ini sangat membantu warga kami ditengah maraknya pandemi Covid-19. Terlebih lagi dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan serta menjelang perayaan Idul Fitri,” papar Kepala Desa Nambo, Sarman.

Kepala Desa Suandala, Janaena turut memberikan apresiasi terhadap bantuan yang diberikan Umar Samiun dan Keluarga.

“Semoga beliau (Umar Samiun) semakin di berikan rezeki yang banyak dan umur panjang untuk selalu bersama-sama dengan masyarakat,” harapnya. (adm)

Facebook Comments