88 Warga Buteng Eks Penumpang Kapal Jalani Rapid Tes, 14 Reaktif

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Buteng, dr Karyadi (tengah) didampingi Kadis Kesehatan Buteng, Kasman (kiri) dan Kepala BPBD Buteng, Muh. Yusuf (kanan) saat konferensi pers di posko Gugus Tugas Covid-19 Buteng, Rabu 20 Mei 2020. ( Foto Istimewa)

LABUNGKARI, Rubriksultra.com- Sebanyak 88 orang warga Kabupaten Buton Tengah (Buteng) eks penumpang kapal menjalani rangkaian pemeriksaan rapid tes. Hasilnya, 14 diantaranya dinyatakan reaktif.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Buteng, dr Karyadi menjelaskan, pemeriksaan rapid tes dilaksanakan Selasa, 19 Mei 2020. Pemeriksaan dilakukan setelah adanya bantuan termasuk pengadaan rapid yang didatangkan.

- Advertisement -

“Jadi kita lanjutkan kemarin rapid tes kepada sebagian besar penumpang KM. Dorolonda dan beberapa penumpang KM. Ngapulu. Yang belum sempat dirapid kemarin, hari ini juga berjalan,” kata dr Karyadi dalam rilisnya, Rabu 20 Mei 2020.

dr Karyadi merinci ke-88 orang tambahan penumpang kapal yang menjalani rapid tes itu. Kata dia, dari Sangia Wambulu yang diperiksa 12 orang dan sembilan orang dinyatakan reaktif.

Mawasangka 17 orang dan hasilnya semua non reaktif, Mawasangka Timur satu orang hasilnya non reaktif, Lakudo 28 orang dan tiga dinyatakan reaktif, dan terakhir Talaga 30 orang dan dua diantaranya reaktif.

“Jadi totalnya dari 88 orang yang diperiksa ada 14 yang reaktif,” jelasnya.

Setelah dinyatakan reaktif, tim Gugus Tugas Buteng akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Provinsi Sultra untuk dilakukan pemeriksaan Swab.

Terkait tindakan 18 warga yang sudah dinyatakan positif, sesuai protap harus dikarantina. Setelah 14 hari harus dilakukan pemeriksaan swab kembali.

“Setelah keluar maka tunggu 14 hari lagi lalu di swab kembali. Jika dua kali dengan hasil negatif berturut-turut maka dinyatakan sembuh. Memang butuh waktu, makanya saat dikarantina, fisik pasien akan diperhatikan termasuk pengobatan dan pengawasan,” katanya. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Mobil Dinas PU Sultra Terbakar di Buteng