Gempa 3,1 SR Guncang Andoolo, Getaran Dirasakan di Kendari dan Konsel

Titik pusat gempa berkekuatan 3,1 SR mengguncang wilayah Andoolo, Sultra. (Foto BMKG)

KENDARI, Rubriksultra.com- Gempa bumi berkekuatan 3,1 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Andoolo, Sulawesi Tenggara (Sultra). Gempa tercatat terjadi pukul 19:16:29 WITa, Rabu 27 Mei 2020.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia dalam rilisnya menyatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan informasi gempa bumi ini berkekuatan Magnitudo 3,1 SR.

- Advertisement -

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4.16 LS, 122.41 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 30.8 kilometer Timur Laut Andoolo pada kedalaman 10 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar geser Lainea di Timur Laut Andoolo,” katanya.

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kendari dan Konawe Selatan (Konsel) II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” katanya.

Hingga pukul 19.50 WITa, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

“Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” katanya. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Pemprov Sultra Teken 11 Kerjasama Internasional dengan Universitas Rhode Island, Amerika Serikat