Polsek Mastim Budidaya Ikan dan Sayur Mayur

Kapolsek Mastim, Ipda Musrifin bersama anggota saat melakukan giat budidaya ikan jenis lele dan sayur mayur di Mako Polsek Mastim, Sabtu 30 Mei 2020. (Foto Istimewa)

LABUNGKARI, Rubriksultra.com- Personil Polsek Mawasangka Timur (Mastim) berupaya menciptakan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19. Salah satunya dengan melakukan giat budidaya ikan jenis lele dalam media ember (Budikdamber).

Selain ikan lele, media budidaya juga ikut ditanami sayur mayur. Giat dilaksanakan di Mako Polsek Mastim, Sabtu 30 Mei 2020.

- Advertisement -

Kapolsek Mastim, Ipda Musrifin mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya ketahanan pangan dalam masa pandemi Covid-19. Selain itu untuk mendukung program Kapolres Baubau, AKBP Rio Tangkari di bidang budidaya pertanian dan perikanan serta penghijauan (Green area).

“Ini adalah giat Poliponik atau perpaduan tanaman sayur mayur berupa bibit sayur kangkung yang ditanam dalam aquakultur bersama budidaya ikan lele yang ditempatkan dalam satu wadah,” katanya.

Selain itu, ada juga beberapa tanaman sayur mayur yang ditanam disekitar media budidaya. Seperti penanaman sayur daun sup (Seledri) dan bibit cabe yang ditanam dalam wadah media tanam polybag.

Ipda Musrifin menjelaskan, bibit cabe sebelumnya telah disemai selama tujuh hari. Setelah benih tumbuh baru dipindahkan ke dalam wadah tanam berupa polibag yang telah diisi pasir dicampur pupuk organik berupa kotoran sapi yang banyak diternakan di wilayah Kecamatan Mawasangka Timur.

“Media tanamnya juga sebelumnya telah kita campur dengan dedak kompos sisa gergaji limbah kayu,” katanya.

Masa panen diperkirakan sekitar 3,5 bulan. Hasilnya selain bisa dikonsumsi personil Polsek Mastim, juga akan dibagikan kepada warga Mawasangka Timur yang membutuhkan sayur mayur ataupun ikan lele. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Kadis Pendidikan Buteng Bantah tak Bertanggungjawab