Curah Hujan Tinggi Diprediksi Guyur 10 Daerah di Sultra Pertengahan Juni

ILUSTRASI (FOTO INT)

KENDARI, Rubriksultra.com- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofika (BMKG) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memprediksi 10 daerah di Sultra akan diguyur hujan dengan kategori tinggi.

Forecaster On Duty BMKG Sultra, Nur Wiryanti Sih Antomo dalam rilisnya menyatakan, pada awal Juni 2020, wilayah Sultra umumnya mengalami curah hujan kategori menengah (51-150 mm/dasarian) dan beberapa wilayah mengalami curah hujan kategori tinggi (151-300 mm/dasarian) yakni di sebagian wilayah Konawe, Kolaka Utara (Konut) dan Buton.

- Advertisement -

Sedangkan sebagian wilayah Kolaka, Kolaka Timur (Koltim), Bombana, Buton Tengah (Buteng), Muna Barat (Mubar) dan Muna mengalami curah hujan kategori rendah (0-50 mm/dasarian).

Sementara pada pertengahan Juni 2020, wilayah Sulawesi Tenggara diprediksi berpeluang mengalami curah hujan kategori menengah (51–150 mm/dasarian) dan curah hujan kategori tinggi (151-300 mm/dasarian).

Terdapat 10 daerah secara umum di wilayah Sultra yang diprediksi mengalami curah hujan kategori tinggi tersebut. Diantaranya Konawe Kepulauan (Konkep), Kendari, Buton Utara (Butur), Buton, sebagian Kolaka Utara (Kolut), Konawe Utara (Konut), Konawe, Konawe Selatan (Konsel), Muna, dan Wakatobi.

“Sedangkan pada akhir Juni hingga pertengahan Juli, curah hujan diprakirakan akan cenderung menurun,” katanya.

Terutama di bagian selatan wilayah Sultra dengan curah hujan kategori rendah (21-50 mm/dasarian) yakni daerah Baubau, Buton, Buton Selatan (Busel), Buteng, Wakatobi, Muna, Mubar, Bombana, Sebagian Kolaka, Koltim dan Konsel.

Diharapkan agar seluruh masyarakat Sultra terus waspada terhadap potensi hujan lebat, petir, dan angin kencang yang mungkin terjadi di musim penghujan. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Alokasi Dana Desa di Sultra Meningkat, 2020 Capai Rp 1,6 Triliun