Bertambah Dua Kasus Positif Baru di Baubau, Satu Orang Nakes

dr Lukman

BAUBAU, Rubriksultra.com- Gugus Tugas Covid-19 Kota Baubau melaporkan tambahan dua kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19, Selasa 16 Juni 2020.

“Dari hasil tes PCR swab tenggorokan di RSUD Bahteramas, kami mendapat tambahan dua terkonfirmasi positif,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Baubau, dr Lukman di Sekber Gugus Tugas Covid-19 Baubau, Selasa 16 Juni 2020.

- Advertisement -

Dengan adanya tambahan ini, maka total kasus positif di Baubau menjadi 24 orang. Kasus sembuh tidak ada tambahan atau tetap tujuh orang.

Dengan begitu, pasien dalam perawatan bertambah menjadi 17 orang.

dr Lukman menyebut, pasien 023 inisial SRF perempuan usia 47 tahun adalah seorang tenaga medis (Nakes) yang bertugas di puskesmas. Pasien tidak punya riwayat kontak dengan nakes (Yang telah dinyatakan positif) sebelumnya.

Sementara pasien 024 inisial LIW laki-laki usia 56 tahun. Pasien tersebut juga tidak memiliki riwayat kontak yang jelas maupun perjalanan sebelumnya.

“Jadi dua kasus terkonfirmasi positif ini termasuk kasus sporadis,” katanya.

Dengan tambahan satu orang nakes terpapar Covid-19 tersebut, Ketua IDI Kota Baubau ini mengimbau agar para nakes yang bekerja digaris depan selalu waspada.

“Tetap menggunakan APD. Saya juga mengajurkan kepada nakes pemegang program agar pasien-pasien kita terutama yang beresiko tinggi punya penyakit penyerta termasuk tuberkulosis atau sakit gula untuk dirapid test,” katanya.

dr Lukman juga meminta masyarakat untuk terus aktif menjalankan penerapan protokol kesehatan.

“Gugah tetangga kita, gugah keluarga kita. Semakin banyak masyarakat peduli, semakin banyak masyarakat menerapkan protokol kesehatan maka semakin cepat kita keluar dari pamdemi ini,” katanya.

“Tahapan memasuki prakondisi new normal harus dilakukan, dengan memasuki new normal berarti ada lagi peraturan baru yang kita akan kondisikan,” pungkasnya.(adm)

Baca Juga :  Lampaui Target, Penjualan Kalla Toyota Baubau Tembus 520 Unit

Penulis: Ady

Facebook Comments