Seorang PDP di Baubau Sempat Dijemput Keluarga, Ternyata Hasil Swabnya Positif

dr Lukman

BAUBAU, Rubriksultra.com- Belum lama ini beredar video yang viral di media sosial (Medsos) seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dijemput pihak keluarga dari ruang isolasi RSUD Baubau. Ternyata hasil swab pasien tersebut dinyatakan positif Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Baubau, dr Lukman membenarkan hal itu. Kata dia, hasil swab PCR PDP tersebut keluar pada Senin, 15 Juni 2020 kemarin dan dinyatakan positif.

- Advertisement -

dr Lukman menerangkan, pasien tersebut adalah pasien 021 inisial WDN perempuan usia 48 tahun. Kontak penularan tidak jelas atau termasuk kasus sporadis.

“Tentu kita sangat sayangkan kejadian beberapa waktu lalu itu,” kata dr Lukman di Sekber Gugus Tugas Covid-19 Sultra, Selasa 16 Juni 2020.

Ketua IDI Kota Baubau ini menjelaskan, pasien sempat masuk RSUD Baubau dengan keluhan batuk dan nyeri ulu hati. Pasien tersebut sudah menjalani perawatan di ruang isolasi selama dua hari.

“Nah, setelah dijemput pihak keluarga, tim medis tetap melakukan pemantauan secara ketat di rumahnya,” katanya.

Atas kejadian ini, dr Lukman meminta kerjasama keluarga yang pernah melakukan kontak langsung dengan pasien untuk menjalani pemeriksaan swab. Termasuk tetangga pasien.

“Mereka wajib kita swab agar tracingnya diketahui dengan jelas. Akan sangat susah bagi petugas surveilans kita di lapangan jika tidak ada kejujuran dari keluarga. Olehnya kita minta kerjasamanya,” katanya.

Saat ini, kata dia, pasien tersebut sudah berada di rumah sehat karantina Covid-19 Baubau untuk menjalani perawatan.

“Ini menjadi masukan besar buat keluarga, masukan besar buat semua agar selalu menaati protokol kesehatan,” katanya. (adm)

Penulis: Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Organisasi Nirlaba Asal Inggris Bina 23 UMKM Baubau